Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
193

Perbaiki Kualitas Udara Jakarta, Bengkel Di Jaktim Dukung Program Uji Emisi


Uji emisi kendaraan bermotor merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengendalikan pencemaran udara. Hal itu tertuang berdasarkan kebijakan yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, melalui Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 pada Kamis (1/8/2019) lalu.

Melalui instruksi itu diharapkan dapat menunjang Program Langit Biru yang terus dilakukan melalui program uji emisi kendaraan bermotor. Pasalnya, kontribusi pencemaran udara terbesar berasal dari sektor alat transportasi berbahan bakar minyak.

Mengantisipasi hal tersebut, 37 bengkel kendaraan bermotor yang telah terdaftar sebagai bengkel yang telah tersertifikasi sebagai bengkel pelaksana E-Uji Emisi di Jakarta Timur turut mendukung dengan menyediakan pelayanan uji emisi gas buang bagi pelanggan yang ingin mendeteksi kondisi kinerja mesin secara berkala.

Dari 37 bengkel kendaraan bermotor itu, dilakukan penyisiran pembuktian oleh Tim timur.jakarta.go.id Seksi Komunikasi Informasi Publik daro Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Jakarta Timur, Selasa (13/8/2019). Diantaranya, Bengkel Raperind Motor Jalan Raden Inten II No. 9 Kelurahan Duren Sawit dan Bengkel Alta Motor Service di Jalan Jendral Pol. Soekamto, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit.

Tim bertemu dengan petugas bengkel di kawasan Duren Sawit untuk mengecek uji emisi kendaraan bermotor yang dilakukannya

Warno, selaku Senior Mekanik Bengkel Alta Motor Service mengatakan, bahwa garasi bengkelnya telah menyediakan pelayanan uji emisi. Diharapkan layanan uji emisi dapat menyumbangkan peran dalam menurunkan kadar pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor.

“Iya kami menyediakan pelayanan uji emisi. Disini terus kita tawarkan uji emisi kendaraan dalam setiap pelayanan servis kendaraan bagi pelanggan dengan harapan dapat menyumbangkan peran dalam menurunkan kadar pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor,” kata Warno.

Warno mengaku, sebelumnya pihak bengkelnya telah mengikuti pelatihan khusus yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

"Di Bengkel ini telah sebanyak empat orang telah mengikuti pelatihan, dan bersertifikat dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta beberapa tahun lalu,” pungkasnya.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS