Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
193

Festival Waduk Setu Sambut HUT Ke-74 RI


Warga Kelurahan Setu menggelar Festival Waduk Setu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Waduk Setu, Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada 17 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut didukung oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur dengan aksi pagelaran seni. Pagelaran seni yang akan ditampilkan dalam Festival Waduk Setu yaitu kebudayaan Betawi. Diantaranya seperti Gambang Kromong, Tanjidor dan Bodoran.

Rencananya, Festival Waduk Setu akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta dan didampingi oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, beserta jajarannya.

Selain menyambut HUT ke-74 RI, tujuan kegiatan tersebut yakni mengenalkan tradisi kebudayaan Betawi yang hampir punah yaitu tradisi Besanan Betawi.

Besanan Betawi merupakan tradisi pernikahan adat Betawi, yang mendapat pengaruh dari berbagai budaya seperti India, Eropa, Tionghoa, Arab dan Melayu. Uniknya, Besanan Betawi akan diramaikan dengan atraksi palang pintu untuk menyambut rombongan penganten pria. Selain itu, ada pula Rumah Terapung Adat Betawi sebagai salah satu ikon acara.

Tak hanya pertunjukan budaya, Festival Waduk Setu akan dimeriahkan dengan aneka perlombaan dan pertunjukan hiburan musik. Diantaranya lomba mewarnai, ketangkasan bersepeda, panjat pinang, dan gebuk bantal.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS