Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
119

Sudis KPKP Jaktim Galakkan Jakarta Timur Bebas Rabies Lewat Sosialisasi


Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur menggelar sosialisasi `Mari Mempertahanan Provinsi DKI Jakarta Bebas Rabies´. Sosialiasi untuk Jakarta Timur bebas rabies tersebut diadakan di Ruang Serbaguna Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (10/9/2019).

“Kita tahu DKI Jakarta itu bebas rabies sejak 2006, sehingga  kita dalam hal ini Sudis KPKP Jakarta Timur punya tugas untuk mempertahankan agar kasus rabies di DKI Jakarta, Jakarta Timur jadi nol kasus rabies,” ujar Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur, Yuli Absari.

Sosialiasi `Mari Mempertahanan Provinsi DKI Jakarta Bebas Rabies´ diikuti oleh perwakilan dari anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari kelurahan dan kecamatan di Jakarta Timur. Hadir juga perwakilan dari RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) dari masing-masing wilayah Jakarta Timur.

Adapun penyampaian sosialisasi dilakukan oleh Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Irma Budiani. Ia memaparkan terkait penanganan hewan piaraan, korban gigitan hewan, lokasi penampungan dan pengobatan hewan hingga cara pencegahan rabies.

“Kami intinya meminta tolong kepada PKK untuk membantu kami, Sudis KPKP Jakarta Timur dalam membebaskan Jakarta Timur bebas rabies,” ujarnya.

Yuli menambahkan, sejauh ini Sudis KPKP Jakarta Timur sudah melakukan sejumlah cara untuk mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies. Seperti program vaksinasi dan sterilisasi dan penangkapan hewan liar yang masuk dalam kategori Hewan Penular Rabies (HPR), seperti kucing, anjing, musang dan kera.

“Vaksinasis kami lakukan secara gratis yang dimiliki elemen masyarakat.  Terhadap sterilisasi, kami lakukan kepada kucing jantan lokal, gratis dan penangkapan ini terhadap anjing kucing liar dan mengggangu masyarakat. Kami tetap memperhatikan kesejahteraan hewan ketika penangkapan,” tegasnya.

Sudis KPKP Jakarta Timur memiliki target vaksinasi rabies untuk 6.500 HPR. Sementara target untuk sterilisasi dilaksanakan oleh Sudis KPKP Jakarta Timur dan UPT Dinas KPKP DKI Jakarta, dalam satu tahun 300 ekor kucing jantan lokal.

“Untuk penangkapan berdasarkan permintaan masyarkaat,” tambah Yuli.

 

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS