Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
395

Wakil Wali Kota : PaRaDiSia PTSP Kecamatan Cakung `Role Model` Pelayanan


Dalam rangka mewujudkan kemudahan dalam memberikan pelayanan perizinan dan non perizinan bagi warga masyarakat. Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PTSP) Kecamatan Cakung meluncurkan sosialiasi Program Pelayanan Ramah Disabilitas dan Lansia (PaRaDiSia).

PaRaDiSia merupakan inovasi dari Kepala UP PTSP Kecamatan Cakung Muhammad Rizki, sebagai peserta Diklat Kepemimpinan III di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi DKI Jakarta.

Program tersebut diadakan sebagai bentuk implementasi dari Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyediaan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Tentunya, inovasi pelayanan program PaRaDiSia PTSP Kecamatan Cakung ini adalah role model (panutan) dalam pelayanan perizinan di Pemprov DKI Jakarta  yang bertujuan dapat menciptakan pelayanan yang lebih efektif dan efisien bagi disabilitas dan lansia,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Timur Uus Kuswanto saat membuka peluncuruan sosialisasi PaRaDiSia di Halaman Kantor Kecamatan Cakung, Selasa (17/9/2019).

Ia pun menyampaikan, bahwa Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan sesuai Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2013 tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Pada hakikatnya adalah untuk memberikan kemudahan dan kepastian bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan perizinan dan non perizinan, dimana proses pengelolanya dari tahap permohonan hingga terbitnya dokumen.

“PaRaDiSia PTSP Kecamatan Cakung akan menciptakan pelayanan bagi disabilitas dan lansia yang lebih ramah. Karena dengan bentuk dan jenis pelayanan yang berbeda yang tersedia di Unit Pelaksana PTSP Kecamatan Cakung,” paparnya.

PTSP Kecamatan Cakung

Sementara itu diungkapkan Kepala Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UP PTSP) Kecamatan Cakung, Muhammad Rizki mengatakan, bahwa tersedianya sarana prasarana dan sumber daya manusia yang memadai. Diharapkan pelayanan perizinan dan non perizinan dapat lebih optimal sesuai dengan amanat Instruksi Gubernur Nomor 14 Tahun 2019.

“Semoga ikhtiar kami dalam mewujudkan pelayanan yang ramah bagi disabilitas dan lansia dapat terwujud dengan PaRaDiSia,” ujar Rizki.

Bambang Basuki selaku Ketua Yayasan Mitra Netra mengungkapkan rasa syukur telah adanya pelayanan PaRaDiSia di PTSP Kecamatan Cakung.

“Ini sangat memudahkan kami dalam mengurus berbagai perizinan dan non perizinan,” tandas Bambang.

Sekedar diketahui, Program Pelayanan Ramah Disabilitas dan Lansia (PaRaDiSia) PTSP Cakung dilengkapi dengan sarana dan prasarana, yang disediakan dalam rangka mendukung optimalisasi pelayanan dengan adanya pembangunan jalur disabilitas (RAM).

Adapun pelayanan di setiap service point yang ada di Kecamatan dan Kelurahan se-Kecamatan Cakung, dimana dalam prosesnya kami mendapat dukungan penuh dari Camat Cakung dan Lurah se-Kecamatan Cakung.

Selain itu, sarana Iain yang disediakan adalah berupa, kursi roda, loket prioritas bagi disabilitas dan lansia, Kios Internet yang dilengkapi dengan printer dan keyboard braille serta komputer yang di dukung dengan aplikasi NonVisuaI Dekstop Acces (NVDA). Dengan tiga hal tersebut menjadikan kios internet tersebut bisa digunakan bagi masyarakat penyandang disabilitas tuna netra.

Kemudian PaRaDiSia juga memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan disabilitas dan Lansia serta katalog perizinan dalam format huruf braille. Dari sisi Sumber Daya Manusia juga sudah melatih 26 petugas front liner.

Diantaranya terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Customer Relation Officer (CRO), Petugas Antar Jemput Izin Bermotor (AJIB) dan petugas penerima tamu dengan pelatihan bahasa isyarat yang bekerjasama dengan Indonesia Sign Languange (INASLI) serta pelatihan orientasi mobilitas yang bekerjasama dengan Yayasan Mitra Netra.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS