Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
613

Gemarikan 2019 Selesai, Wakil Wali Kota Harap Tahun Depan Diadakan Lagi


Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto menghadiri sekaligus menutup kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SD Negeri 24 Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (18/9/2019).

Sebanyak 700 orang siswa SD dari 28 di tiga kelurahan sekolah SD di wilayah Kramat Jati mengikuti kegiatan kampanye Gemarikan pada hari ini. Acara ini diadakan dari tanggal 18 Juli - 18 September 2019.

Setiap harinya ada 700 siswa yang hadir dalam kampanye Gemarikan di wilayah Kecamatan Kramat Jati menjadi lokasi terakhir ke-10 Kecamatan di wilayah Jakarta Timur.

Dalam kegiatan ini Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto menyerahkan secara simbolis makanan olahan bahan dasar ikan, kepada perwakilan sekolah SDN yang hadir di wilayah Kramat Jati. Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Kramat Jati Eka Darmawan, dan Kepala Suku Dinas KPKP (Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian) Jakarta Timur Yuli Absari.

Untuk memeriahkan acara ini Wakil Walikota Kota mengadakan kuis dan memberi pertanyaan kepada seluruh siswa yang hadir, dengan memberikan hadiah berupa payung dan gelas.

“Barusan sudah kita laksanakan terkait penutupan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan diinisiasi Sudis KPKP Jakarta Timur. Alhamdulillah ini hari terkahir, mudah-mudahan tahun berikutnya bisa diadakan kembali,” ujar Uus.

Terkait alasan target Gemarikan untuk tingkat anak-anak Sekolah Dasar, Uus menyebutkan, lantaran untuk memberikan motivasi dan pondasi protein tinggi yang terkandung dalam ikan.

“Harapannya, dengan adanya Gemarikan ini anak-anak didik terutama tingkat SD mau makan ikan, karena ikan sangat bermanfaat dalam pertumbuhan otak. Sehingga mereka bisa menjadi anak yang berguna bagi banga negara,” jelas Uus.

Sementara itu Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Yuli Absari mengatakan, tujuan Gemarikan adalah untuk membiasakan diri anak-anak mengkonsumi ikan. Sekaligus, diberikan paket produk pangan olahan berbahan ikan, seperti siomay, bakso, nugget, ebi furai dan katsu.

“Sosialisasi Gemarikan ini rutin kita gelar setiap tahun. Agar anak-anak mau mengonsumsi makan ikan,” ujar Yuli.

Cahya, salah satu siswi SD Negeri Dukuh 08 Jakarta, menyebutkan Gemarikan sangat seru dan bagus, karena mengajarkan kita tau manfaat makan ikan dan diacara ini juga ada dongengnya. Kedepannya, ia berharap kegiatan ini harus ada lagi agar masyarakat Indonesia lebih banyak lagi mengkonsumsi makan ikan lagi dan mudah mudahan lebih banyak lagi Ikan di Indonesia.

“Terima kasih kepada bapak Gubernur untuk acara Gemarikan ini, karena adanya acara ini sangat berguna sekali,” ujar Cahya.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS