Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
683

Wakil Wali Kota Jaktim Hadiri Bakti Sosial Kopassus Di Sungai Ciliwung


Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur mengahadiri acara kegiatan Bakti Sosial Kopassus Ciliwung, di Tempat Pembuangan Sampah Terakhir di Komplek Kopassus Cijantung, Jumat, Sabtu (28/9/2019).

Dalam kegiatan ini Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto mendampingi Komandan Jendral (Danjen) Kopassus I Nyoman Cantiasa. Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Adi Wibowo dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Andono Warih.

Kegiatan ini dalam rangka HUT TNI ke 74
dengan mengusung tema Bakti Sosial Kopassus yaitu TNI Profesional Kebanggaan Rakyat
Ciliwung Pekarangan Depan Rumah Kita Bersih.

Kegiatan kerja bakti membersihkan bantaran kali sungai ciliwung diikuti oleh 500 personil anggota Kopassus Cijantung dan dibantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, dan warga sekitar.

Ada yang menarik dalam acara kegiatan Bakti Sosial Kopassus, sekelompok warga Kelurahan Cijantung membersihkan Kali Ciliwung dengan menggunakan perahu karet dan yang paling banyak mengumpulkan sampah mendapatkan hadiah dari Kopassus.

Selain itu, lomba khusus anak-anak yaitu lomba menggambar di jalan inspeksi Kali Ciliwung dikawasan komplek Kopassus, dan untuk orang dewasa, lomba menangkap bebek dan lomba pukul bantal di Kali Ciliwung.

Puluhan warga gembira dengan adanya lomba-lomba yang disajikan oleh panitia dari Kopassus, tawa riuh, dan sorak sorai warga meramaikan kegiatan lomba.

Setelah selesai pelaksanaan lomba dalam rangkaian bakti sosial dilanjutkan dengan acara sambutan di panggung utama oleh Danjen Kopassus dan penyerahan hadiah pemenang lomba.

"Jadi kegiatan hari ini adalah rangkaian HUT TNI ke-74, sehingga kita laksanakan kegiatan Ciliwung Pekarangan Depan Rumah Kita Bersih," ujar Komandan Jendral (Danjen) Kopassus I Nyoman Cantiasa.

"Kebetulan komplek kopassus sepanjang 5 km dilalui Kali Ciliwung. Karena sekitar Sungai Ciliwung sering ada banjir, sungai kotor, dan bantaran Sungai Ciliwung juga tidak terawat, sehingga Kopassus memberikan solusi, dan memecahkan permasalahan yang selama ini belum terselesaikan," jelasnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dan para anggota Kopassus.

Dari kegiatam bakti sosial ini, Nyoman menyebutkan butuhnya edukasi, sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat terkait kebersihan lingkungan, khususnya Sungai Ciliwung.

"Kita ambil tema Ciliwung sebagai beranda pekarangan depan rumah kita bersih, agar kita jadikan sungai Ciliwung sebagai beranda depan pekarangan rumah kita. Seperti di luar negeri sungai bersih karena mereka membuat sungai seperti beranda rumah kita," ujarnya.

Selain itu, ia berharap sungai Ciliwung yang bersih dapat dijadikan objek wisata. Sekaligus mengubah pola pikir orang untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

"Kopassus kedepannya bisa menjadi contoh menata lingkungan yang ada seperti di sepanjang bantaran sungai ciliwung bersih, jalan bersih, dan lingkungan komplek Kopassus bersih sehingga warga lain bisa ikut meniru yang baik dalam kebersihan lingkungan," pungkasnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kopassus yang telah terlibat dalam menjaga kebersigan lingkungan di sungai Ciliwung.

Ia berharap agar, kegiatan serupa dapat menjadi upaya baik dan mendapat simpati serta diikuti masyarakat sekitar bantaran sungai Ciliwung.

"Kegiatan kerja bakti membersihkan sungai ciliwung bukan hanya ada kegiatan dari Kopassus saja tetapi warga masyarakat sekitar sepanjang sungai ciliwung juga bisa menjaga kebersihan dan membiasakan hidup bersih dengan tidak membuang sampah ke sungai ciliwung," ujar Uus.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS