Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1128

Deklarasi Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Dan Produktif (GP2SK)


Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi membuka Deklarasi Gerakan Pekerja Perempuan Sehat dan Produktif (GP2SK) Kota Administrasi Jakarta Timur di Ruang Aula Serbaguna Lantai III, PT. Frisian Flag Indonesia Jalan Raya Bogor Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/10/2019).

GP2SK merupakan upaya dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, masyarakat maupun pengusaha, untuk menggalang kesadaran dan peran serta guna meningkatkan kepedulian dalam upaya memperbaiki kesehatan pekerja perempuan sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi pekerja perempuan mencapai produktivitas kerja yang maksimal dan meningkatkan kualitas generasi penerus.

Dalam kegiatan ini Sekretaris Kota Admistrasi Jakarta Timur didampingi oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Rismana Aji, Direktur HRGA PT. Frisian Flag Sri Megawati.

“Pekerja perempuan mempunyai peran ganda sebagai pekerja dan juga memenuhi kodrat sebagai ibu. Maka ia memerlukan pemeliharaan dan perlindungan kesehatan yang baik,” ujar Sekretaris Kota.

Menurutnya, selain pemeriksaan kesehatan, pekerja perempuan juga harus mendapatkan perhatian dalam peningkatan pemberian ASI kepada anak mereka.

“Pekerja perempuan merupakan salah satu pengungkit berbagai macam indikator kesehatan, sehingga pembinaan sumberdaya manusia merupakan modal dalam pembangunan dalam era globalisasi,” tambahnya.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur memberikan apresiasi kepada pengusaha dan perusahaan yang telah membina dan memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada pekerja, khususnya pekerja perempuan. Seperti  PT. Frisian Flag Indonesia.

Oleh sebab itu, ia berharap agar Gerakan Pekerja Perempuan Sehat dan Produktif (GP2SK) sukses. Maka dari itu, lanjutnya, diperlukan komitmen antar instansi dan semua pemangku kepentingan serta perusahaan untuk mendorong gerakan tersebut.

Sementara itu, Direktur HRGA PT. Frisian Flag Indonesia Sri Megawati berterima kasih kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang telah memilih perusahaanya menjadi lokasi penyelenggaraan GP2SK.

“Kita juga sangat memperhatikan pekerja wanita, salah satunya adalah pekerja perempuan mendapatkan cuti hamil selama 6 bulan. Supaya ibu2 bisa memberikan ASI ekslusif kepada anaknya,” ujar Sri.

Meski bergitu, ia menyebutkan perlu juga adanya kesetaraan dengan pekerja laki-laki . Seperti pekerja laki-laki yang juga berperan sebagai ayah untuk mendapat jaminan kesehatan yang sama.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS