Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
832

Kelurahan Rawa Bunga Rawat Dan Tanam Tanaman Langka Khas Betawi


Kelurahan Rawa Bunga menanam dan merawat tanaman langka di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata, kini banyak tanaman langka khas Betawi. Upaya ini dilakukan sebagai langkah dalam melestarikan jenis tanaman langka agar tidak punah.

Lurah Rawa Bunga Agustina mengatakan, penanaman pohon langka ini dilakukan baru sebulan lalu. Ada yang ditanam dari biji secara langsung dan ada yang dari hasil penyemaian.

Selain itu juga ada yang hasil cangkokan. Seluruh tanaman ini merupakan bantuan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur serta pihak swasta melalui CSR (corporate social responsibility).

"Agar tanaman langka khas Betawi tidak punah, RPTRA Citra Permata Rawa Bunga kini ikut berpartisipasi merawatnya. Yakni dengan cara menanam tanaman langka tersebut. Penanaman baru dilakukan satu tahun lalu jadi pohonnya masih pendek," kata Agustina, Senin(11/11/2019).

Menurutnya, jenis tanaman langka yang ditanamnya  adalah,  kecapi, nam-nam, cempedak, manggis, jamblang, pete , jengkol, buni, mundu, srikaya, sukun dan bacang. Selain itu ada gohok, duku Condet, menteng dan jambu mede.

"Pohon tanaman buahnya nempel di pangkal batang pohon. Bentuknya mirip kue pastel, kulitnya bintik-bintik kasar. Jika matang buahnya warna kuning. Pohon ini maupun jenis lainnya sudah jarang ditemukan di Jakarta," lanjut Agustina.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS