Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
375

Pemkot Jaktim Sosialisasikan Peraturan Bersama Dua Menteri RI


Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri (PBM) Agama dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 8 dan Nomor 9 tahun 2006 di Ruang Serbaguna Lantai Dasar Blok A Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (18/11/2019).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Administrasi Jakarta Timur tersebut, merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan harmonisasi sosial dan meningkatkan kualitas kerukunan hidup umat beragama di seluruh wilayah hukum Kota Administrasi Jakarta Timur.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto. Wakil Walikota mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi peraturan bersama menteri ini.

Pasalnya, kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk membangun hubungan yang saling menghargai dalam menerima perbedaan secara deteksi dini, melalui pemetaan gangguan kerukunan umat beragama serta memberikan dukungan hubungan yang sinergis antara pemerintah dan organisasi keagamaan.

"Nah, melalui sosialisasi inilah kita bersama untuk berkolaborasi dalam menjaga harmoni sosial kehidupan keagamaan dengan landasan Pancasila," kata Wakil Walikota.

Menurutnya, agama adalah hak yang asasi dan sakral bagi setiap manusia, karena kedudukannya yang hakiki maka tidak ada kekuatan yang dapat mengurangi hak tersebut. Bahkan Konstitusi Negara telah menjamin kebebasan bagi setiap manusia untuk memilih agama dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya.

Oleh karenanya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur berkewajiban melindungi setiap aktivitas umat beragama dalam melaksanakan ajaran agamanya. Sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak menyalahgunakan atau menodai ajaran agama, serta tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

"Pentingnya kolaborasi masyarakat dan berbagai organisasi keagamaan dalam membangun umat beragama. Tentunya, dalam menyikapi perkembangan dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang sangat rapuh terhadap berbagai pengaruh baik secara internal maupun eksternal yang dilandasi dengan semakin derasnya arus informasi," paparnya.

Namun demikian diharapkan melalui sosialisasi peraturan bersama menteri ini dapat menggelorakan semangat kewaspadaan dan sikap antisipatif yang tinggi dari seluruh elemen masyarakat. Sebab, kondisi saat ini kerukunan umat beragama sangat rentan menjadi ancaman sasaran konflik pemecah solidaritas sosial.

"Untuk itu perlu digelorakan semangat persaudaraan yang dilandasi sikap saling kasih-mengasihi, hormat-menghormati dan saling percaya diantara umat beragama sebagai sumber motivasi untuk lebih memperkuat komitmen kebangsaan kita untuk tetap memelihara dan menjaga kerukunan antar umat beragama agar ketentraman dan ketertiban masyarakat tetap terpelihara," pungkasnya.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS