Satgas Covid-19 Cipinang Muara Bantu Pemulasaraan Jenazah Warga

Kelurahan Cipinang Muara melalui Tim Satgas Covid-19 membantu pemulasaraan jenazah dua warga yang meninggal di rumah saat menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19. Dua warga tersebut bertempat tinggal di Jalan Cakrwawijaya VII RT 015/RW 01 dan Jalan Kesadaran RT 006/RW 01, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Lurah Cipinang Muara, Eddy Latief, mengatakan, pihaknya tidak hanya bergerak sendiri dalam mengurus pemulasaraan jenazah yang terpapar virus Covid-19. Ada kolaborasi bersama Satgas Covid-19 RT/RW, tenaga kesehatan dari Puskesmas Kelurahan dan warga sekitar yang menjadi relawan mempermudah proses pemulasaraan jenazah hingga proses pemakaman.

"Alhamdulillah, semua prosesnya berjalan dengan lancar, jenazah pun langsung dibawa ke TPU Rorotan menggunakan mobil Dishub untuk dimakamkan. Tim pemulasaraan yang terdiri dari 2 petugas nakes dan 5 orang relawan ini dalam menjalankan tugasnya dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yakni baju hazmat, masker, dan sarung tangan," Katanya, Rabu (14/07/2021).

Dijelaskan Eddy, para petugas yang menangani pemulasaraan jenazah warga yang terpapar Covid-19 di rumah telah dilatih sebelumnya tentang tata cara penanganan jenazah Covid-19.

Ia pun mengimbau kepada warga masyarakat agar tetap di rumah dan terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta disiplin protokol kesehatan agar tidak ada lagi yang meninggal tertular Covid-19.

"Untuk itu, mari sama-sama kita jaga diri dan keluarga kita dari penularan Covid-19 dengan mematuhi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat dan selalu menerapkan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas),” jelasnya. (MM)

Foto Dok. Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur