Panen Raya di RPTRA Mustika Kramat Jati Hasilkan Singkong hingga Ikan Nila

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, melakukan Panen Raya di RPTRA Mustika Kelurahan Kramat Jati, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (24/11/2021).

Panen Raya ini menjadi kegiatan rutin tiga bulan sekali untuk mewujudkan kota Jakarta Timur yang asri, sehat, produktif dan inovatif dalam memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam.

Kegiatan Panen Raya Tingkat Kota Jakarta Timur ini dilakukan secara serentak di_10 Kecamatan serta 65 Kelurahan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, dan dibuka secara daring oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Camat Kramat Jati, Rudy Syahrul, Plt. Kepala Suku Dinas KPKP Kota Administrasi Jakarta Timur, Ali Nurdin, serta PKK Tingkat Kota Jakarta Timur, PKK Kecamatan Kramat Jati, dan PKK Kelurahan Kramat Jati.

Adapun hasil dalam Panen Raya di RPTRA Mustika yaitu Singkong, Kangkung, Tomat, Sawi, Terong, Pakcoy, dan Ikan Nila.

“Selain dijual, hasil panen dibagikan kepada warga masyarakat,” kata Diah.

Ia berharap, ke depannya Bagian Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Timur, Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Timur atau Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Timur dapat membantu memasarkan hasil panen ke seluruh wilayah Jakarta Timur. Ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi dan memanfaatkan lahan kosong untuk urban farming.

Sementara itu, Camat Kramat Jati, Rudy Syahrul, menambahkan, Kelompok Tani di RPTRA Mustika mempunyai inovasi yaitu menjadikan kulit bawang merah dijadikan pupuk.

"Kelompok tani di RPTRA Mustika ini merupakan kelompok tani terbaik di wilayah Kramat Jati,” tukasnya. (JS)