Menteri Parekraf RI Luncurkan Program Desa Kreatif di Kampung Betawi Condet

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia meluncurkan program pengembangan sekaligus pencanangan proyek percontohan Desa Kreatif di Kampung Betawi Condet, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati Kota Administrasi Jakarta Timur, Minggu (12/12/2021).

Desa Kreatif merupakan sebuah kawasan di wilayah administratif desa atau kelurahan yang masyarakatnya telah mengembangkan produk unggulan dari antara 17 subsektor ekonomi kreatif. Hal itu ditujukan untuk memberikan nilai tambah dan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi desa.

Hadir dalam kegiatan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat, Camat Kramat Jati, Rudi Sahrul, dan Lurah Balekambang Herman Triono.

"Kita mengharapkan Desa Kreatif menjadi simbol kebangkitan ekonomi untuk membuka lapangan kerja," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno.

Ia menyebutkan, pencanangan ini juga merupakan kerja sama antara Kemenparekraf dan Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) RI mengenai pengembangan desa kreatif. Dengan langkah awal ditetapkan Keputusan Menparekraf (Kepmen) Nomor KM/107/KD.03/2021 Tahun 2021 tentang Panduan Pengembangan Desa Kreatif.

"Latar belakang dari desa kreatif ini adalah pemikiran kita bahwa ekonomi kreatif bisa menjadi sumber ekonomi baru untuk disandingkan dengan sumber daya alam dan sumber daya lainnya," ucap Sandiaga.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat, menambahkan, kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi dan budaya betawi yang ada di Condet Jakarta Timur. Baginya, potensi ekonomi di sini cukup besar seperti budaya, kuliner, dan kerajinan semua ada di Condet. Ada pula di Rawa Bening untuk pusat gems (batu cincin) dan Lubang Buaya serta Bambu Apus untuk kesenian.

"Untuk 10 Kecamatan yang ada di Kota Administrasi Jakarta Timur masing-masing wilayah mempunyai potensi ekonomi kreatif yang tentunya bisa dapat meningkat kan taraf perekonomian masyarakat," kata Hendra. (VS)