`Membidik` Petugas UPK Badan Air Jatinegara Mendaur Ulang Sampah Jadi Karya

Petugas Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Kecamatan Jatinegara mendaur ulang sampah botol plastik hingga kain untuk dijadikan sebuah karya berharga seperti ondel-ondel dan pot bunga.

Pengerjaan ini dilaksanakan di posko UPK Badan Air Kecamatan Jatinegara, Jalan Inspeksi Kalimalang, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Senin (17/1/2022), tim Sudin Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur menyaksikan beberapa petugas sedang membuat kerajinan tangan dengan mengolah sampah botol plastik dalam sebuah bidikan potret. Mereka mengubah sampah menjadi ondel-ondel ukuran kecil hingga membuat pot dari kain bekas yang dibaluri semen.

Pengawas UPK Badan Air Kecamatan Jatinegara, Qorib Muhazhir, menyampaikan, ini merupakan inovasi dari pasukan UPK Badan Air Kecamatan Jatinegara, dalam mengurai sampai botol plastik di bantaran kali juga sampah kain atau baju yang sudah dipakai, untuk dimanfaatkan menjadi barang yang dapat dijadikan pundi-pundi rupiah.

Ia menyampaikan, 1 pasang ondel-ondel kecil jual dari Rp15.000 - Rp30.000 dan untuk pot bunga dijual Rp10.000 - Rp15.000 tergantung dengan motif dan bentuk keunikan dari pot bunga tersebut. Hasil penjualannya juga nantinya untuk kebutuhan bahan baku daur ulang, seperti cat dan lain-lain, juga untuk santunan anak yatim dan duafa. Mengingat ini masih dalam produksi kecil, penjualan dilakukan melalui dari mulut ke mulut atau bisa langsung ke Posko UPK Badan Air Kecamatan Jatinegara, tepatnya di depan pintu air Kalimalang.

"Ini salah satu upaya dari Kita (UPK Badan Air) memprogramkan mendaur ulang sampah yang tidak dipakai menjadi bisa dipakai dan memiliki nilai ekonomis," tandasnya. (AD)