Musrenbang Cipinang Melayu Bahas Penanganan Banjir

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2022 tingkat Kelurahan Cipinang Melayu, secara daring di Ruang Rapat Sekretaris Kota, Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Senin (31/1/2022).

Fredy menjelaskan, dalam Musrenbang Kelurahan Cipinang Melayu terkumpul 212 usulan dengan anggarapn Rp29,5 miliar. Ia menjelaskan, dari jumlah tersebut, terdiri dari 145 usulan fisik, 33 usulan barang, dan 34 usulan nonfisik atau pelatihan keterampilan.

Ia menyebutkan, yang menjadi prioritas usulan dalam Musrenbang Kelurahan Cipinang Melayu, sebagian besarnya adalah penanganan genangan atau banjir, seperti perbaikan drainase, pengerukan saluran, hingga pembebasan lahan Kali Sunter.

"Prioritas sekarang ini adalah penanganan fisik di Kelurahan Cipinang Melayu, ke depan dengan beralihnya Ibu Kota Negara, seiring juga peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia). Kita berharap usulan-usulan peningkatan SDM, untuk menciptakan wirausaha lokal yang kuat, itu juga akan terwujud," tandasnya.

Ia berharap, segala usulan warga dapat mengikuti templat yang ada agar sesuai dengan bobot, volume, dan spesifikasimya, sehingga usulan-usulan warga dapat dikerjakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Kita berharap Pak Lurah menetapkan mana yang prioritas, dari 212 usulan, ini yang akan dikawal hingga ke tingkat Provinsi jika kalau anggaran itu besar," tandasnya. (AD)