Warga Kelurahan Gedong Berinovasi Sampah Plastik Kresek Jadi Tanaman Hias

Jajaran Kecamatan Pasar Rebo memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2022 dengan melakukan kunjungan ke wilayah RT 008/RW 11 Kelurahan Gedong, Jakarta Timur, Senin (21/2/2022). Kunjungan tersebut dilakukan Camat Rebo, Mujiono, Lurah Gedong, Nunung, Dewan Kota Kecamatan Pasar Rebo, Dani Taufiq, Ketua TP PKK Pasar Rebo, Ketua TP PKK Gedong.

Adapun kunjungan ini merupakan salah satu upaya membantu Pemerintah dalam penanganan dan pengelolaan sampah di wilayah Pasar Rebo,

“Saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan warga RT 008/RW 11 Kelurahan Gedong ini, yang mampu manfaatkan sampah plastik atau kresek menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi dan menambah penghasilan di masa pandemi,” kata Camat Pasar Rebo, Mujiono.

Ia menyebutkan, ini sesuai arahan Wali Kota Jakarta Timur dengan berinovasi yang dapat memajukan wilayah, dan nanti rencananya akan didaftarkan ke JakPreuner. Selain itu, jika semakin banyak karyanya akan kita lakukan pameran sebanyak orang yang tahu dan semakin banyak yang membeli produk tersebut.

Mujiono berharap warga yang lain juga bisa melakukan inovasi yang lain berkaitan dengan pengurangan sampah, semakin banyak warga yang membuat semakin berkurang sampah yang dibuang ke Bantar Gebang dan mengurangi sampah di wilayah Jakarta Timur.

Sementara itu, Dewan Kota Kecamatan Pasar Rebo, Dani Taufiq, turut mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh warga tersebut. Bainya, ini sebagai salah satu bukti dukungan kepada Pemerintah untuk menangani sampah dan salah satu kegiatan partisipasi Masyarakat di Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2022.

“Saya yakin jika dikembangkan dan ada pembinaan dari Pemerintah dapat menjadi salah satu karya yang menarik untuk dipamerkan serta banyak warga Jakarta atau bahkan luar daerah yang memesan karya tersebut sehingga dapat menambah ekonomi keluarga di masa pandemi,” katanya. (JS)

Foto Dok. Kecamatan Pasar Rebo