Guru dan Siswa se-Jaktim Ikuti Sosialisasi Literasi Digital Jakarta SOLID

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Sosialisasi Literasi Digital Jakarta SOLID (Sadar Olah Literasi Digital) bersama Jakwifi, di Ruang Rapat IV, Lantai II Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (15/6/2022).

Adapun sosialisasi SOLID ini diinisiasi oleh Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kota Administrasi Jakarta Timur dengan mengambil tema yaitu Berinternet Aman Menggunakan WIFI Publik.

Sosialisasi ini dihadiri dan dibuka oleh Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan, yang didampingi oleh Plt. Kepala Suku Dinas Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur, Sugiono. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Keamanan Siber Badan Siber Sandi Negara (BSSN), Ikrima Galuh Nasucha.

Baginya, wilayah DKI Jakarta sudah mumpuni terkait teknologi digital. Namun, etika dan perilaku budaya menggunakan digital yang masih belum baik, serta keamanan digital masih kurang, sehingga tingkat kriminalitas dunia online masih banyak.

"Kita tanamkan dan pupuk para generasi muda yang mengikuti kegiatan ini agar dapat memanfaatkan literasi digital ini dengan bijak, cerdas dan bertanggung jawab serta taat pada hukum dan bisa berhati - hati dalam menggunakannya," kata Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan.

Sementara itu, Plt. Kepala Suku Dinas Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur, Sugiono, menjelaskan, Sosialisasi Literasi Digital Jakarta SOLID ini dilakukan di lima wilayah Kota dan satu Kabupaten Provinsi DKI Jakarta.

Ia menjelaskan, tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan warga Jakarta Timur dalam pemanfaatan media internet, pemanfaatan Jakwifi dan kolaborasi bersama warga untuk berinovasi bersama secara digital untuk membangun kota.

"Kami berharap acara ini bisa membekali para siswa dan siswi di Jakarta Timur dapat menggunakan internet secara positif demi menunjang aktivitas sehari-harinya dan mampu memanfaatkan fasilitas Jakwifi," kata Sugiono.

Ia pun berharap, agar dalam berkegiatan secara daring dapat juga berkreasi di lingkup media sosial dan para siswa yang hadir dapat terhindar dari praktek kejahatan dunia siber.

Di samping itu, warga Jakarta Timur dapat memanfaatkan Jakwifi yang sudah tersebar di 1.455 titik, dengan rincian 149 titik terletak di RPTRA dan taman publik (840 titik) di pos Sekretariat RW dan kolaborasi CSR sejumlah (496 titik). (JS)