Inovasi Penanganan Balita Bermasalah dengan Gizi di Cipinang Besar Utara

Sebanyak 12 balita dengan masalah gizi di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, memberikan makanan gizi lengkap. Program pemberian makanan ini merupakan hasil kolaborasi Puskesmas Kecamatan Jatinegara dan Wahana Visi Indonesia.

“Ini makanan lengkap dengan gizi seimbang untuk balita yg bermasalah gizi. diharapkan bisa menjadi acuan sekaligus edukasi sebagai contoh menu gizi seimbang yang diterapkan sehari – hari,” jelas Pengelola Program Gizi dari Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur, Okky Virgiawan, Kamis (16/6/2022).

Pemberian dilakukan selama 5 hari (Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu) dalam 6 bulan ke depan dengan sasaran orang tua yang memiliki balita dengan masalah gizi. Adapun makanan gizi lengkap tersebut diberikan ke rumah masing – masing setiap pukul 11.00 WIB dan 15.00 WIB.

Selain Kelurahan Cipinang Besar Utara, program pemberian makanan gizi lengkap hasil kolaborasi ini juga diadakan di Kelurahan Kampung Melayu. Tak hanya pemberian makanan tersebut, orang tua dari balita dengan masalah gizi menerima Kelas Gizi rutin setiap Rabu selama 6 bulan. Mereka diberikan pendampingan dan edukasi gizi.

Program ini bertujuan untuk memperbaiki status gizi balita yang mengalami masalah gizi, dengan harapan nantinya akan membantu menurunkan angka balita stunting di wilayah. (RM)

Foto Dok. Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakatra Timur