Cegah Kasus DBD, Kelurahan Makasar Gelar PSN di RW 04

Dalam rangka mencegah terjadinya kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Kader Jumantik RW 04 Kelurahan Makasar menggelar Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Jumat (17/6/2022).      

PSN ini dipimpin oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Makasar, Estelita, yang didampingi oleh Kepala Puskesmas Kelurahan Makasar, dr. Rosmita dan Ketua RW 04, Didi Sukarmi. Kegiatan ini turut diikuti oleh 8 anggota Kader Jumantik.      

Dari pantauan Tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur di lokasi, PSN diawali dengan sosialisasi Kader Jumantik yang berkeliling ke rumah – rumah warga dengan menggunakan pengeras suara. Selanjutnya dilakukan pengecekan jentik nyamuk secara acak ke rumah warga. 

Alhamdulillah untuk hari ini tidak ditemukan jentik, selain itu juga untuk kasus DBD di wilayah RW 04, 2 bulan yang lalu saja tetapi untuk bulan ini tidak ditemukan kembali dan kasus DBD sudah tertangani serta sudah selesai," kata Kepala Puskesmas Kelurahan Makasar, dr. Gita.     

Ia mengapresiasi kolaborasi baik Lurah beserta jajaran, kader Jumantik, dan Jumantik mandiri, sehingga pelaksanaan PSN berjalan dengan baik. Ia berharap, warga menjaga kebersihan dan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara rutin selain PSN.     

Sementara itu, Ketua RW 04 Kelurahan Makasar, Didi Sukarmi, menyebutkan, PSN di RW 04 Kelurahan Makasar berjalan dengan baik dan lancar. Ia pun berterima kasih atas semangat dan kinerja para Kader Jumantik yang melaksanakan PSN.     

"Semoga kegiatan ini menjadi hal yang positif untuk warga, sehingga bebas kasus penyakit DBD di wilayah Kelurahan Makasar," ujarnya. (JS)