Rawa Bunga Jadi Kawasan Percontohan Layanan Terintegrasi Ramah Anak

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau kawasan percontohan layanan terintegrasi ramah anak di wilayah Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (23/6/2022).

Perlu diketahui bahwa terdapat kawasan zona integrasi layak anak di Kelurahan Rawa Bunga merupakan salah satu kawasan integrasi ramah anak yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.

Adapun kawasan integrasi ramah anak, sarana kesehatan Puskesmas, sarana pendidikan SD/SMP/SMA, sarana RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) hingga perkantoran dan sarana peribadatan masjid, yang diharapkan akan mewujudkan pemenuhan kebutuhan terhadap hak-hak anak .

Dalam peninjauannya, Wali Kota mengatakan pentingnya hak-hak anak untuk dipenuhi dan dijamin oleh semua pihak, mulai dari orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha dan Pemerintah.

”Ini sangat baik dan kita tinjau bersama, ini menjadi keseriusan kita untuk terus fokuskan bahwa Kota Jakarta Timur sebagai Kota Layak Anak,” kata Wali Kota

Ia menegaskan setiap anak harus mendapatkan haknya yakni bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan dan semangat kebangsaan serta sehat jasmani, agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, berkahlak, cerdas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Wali Kota menambahkan, pentingnya monitoring dan evaluasi agar hak-hak dasar anak terpenuhi nantinya akan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

“Seperti yang disampaikan Pak Gubernur, terus lakukan evaluasi sehingga capaian komitmen yang tinggi untuk mewujudkan lingkungan yang ramah bagi tumbuh kembang anak terus terwujud,” tandasnya. (AJ)