Ratusan Warga Ikuti Mancing Gratis di `Situ Tonyan` Kelurahan Dukuh

Ratusan warga di lingkungan Kecamatan Kramat Jati mengikuti mancing gratis di Situ Tonyan RW 01 Kelurahan Dukuh, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (26/6/2022). Sebanyak 6 lwintal Ikan Mas disebar.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Karang Taruna RW 01 Kelurahan Dukuh tersebut merupakan rangkaian Jakarta Hajatan ke -495 yang dimeriahkan dengan berbagai ragam kebudayaan khas Betawi mulai seni hingga makanan khas, sekaligus juga memperkenalkan sejarah keberadaan `Situ Tonyan` sejak tahun 1970.

Wakil Camat Kramat Jati, Diman, menyampaikan bahwa helatan `Situ Tonyan` ini harus menjadi agenda rutin tahunya sebagai hiburan masyarakat. Pasalnya, keberadaan `Situ Tonyan` masih belum banyak diketahui masyarakat luas Jakarta.

"Ini salah satu sejarah, dan ini patut dilestarikan baik. Situ ini selain dibuat sebagai kantung air mengendalikan banjir juga sebagai rekreasi bagi warga. Selain itu sebagai pemulihan ekonomi pasca Covid-19. Di sini ada semuanya," katanya.

Sementara itu Ketua RW 01 Kelurahan Dukuh, Mulyadi mengaku senang di akhir masa jabatannya, Ia bisa merealisasikan keinginan warga dalam pemanfaatan `Situ Tonyan` sebagai rekreasi wisata air.

"Agar terus dijaga baik, dan izinkan warga dapat memanfaatkan `Situ Tonyan` sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat melalui wisata air dan pemancingan," tandasnya. (AJ)