42 Peserta Ikuti Pelatihan Desain Kemasan di TKK Pondok Ranggon

Sebanyak 42 peserta mengikuti kegiatan pelatihan desain kemasan di Tempat Kumpul Kreatif (TKK) Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (12/9/2022). Kegiatan yang digagas Sudin Perindustrian, Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Jakarta Timur ini akan berlangsung selama empat hari hingga Kamis, 15 September.

Dalam pelatihan gratis ini, para peserta yang merupakan anggota Jakpreneur dari delapan kelurahan di Kecamatan Cipayung dilatih cara membuat kemasan produk yang baik. Termasuk juga, teknik packaging yang membuat konsumen menjadi tertarik. Pelatihan menghadirkan nara sumber dari komunitas Dialog Design.

Kasatpel PPKUKM Kecamatan Cipayung, Fajar Sugiarto mengatakan, pelatihan desain kemasan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas berwirausaha para anggota Jakpreneur binaannya. Dengan pelatihan diharapkan mereka mampu meningkatkan daya saing dengan dunia usaha luar. Apalagi saat ini era digital dimana pemasaran produk juga dilakukan secara online, sehingga persaingan bebas semakin terbuka.

“Total ada 42 peserta pelatihan desain kemasan dari delapan kelurahan. Mereka merupakan anggota Jakpreneur binaan kita. Semua dilatih agar semakin berkualitas dalam berwirausaha dan mampu bersaing dengan dunia usaha lainnya,” terang Fajar.

Tarwati (47), salah seorang peserta mengaku senang adanya kegiatan pelatihan itu. Dirinya mengaku butuh bimbingan teknis dalam membuat desain kemasan untuk usaha minuman segar yang digelutinya sejak awal Januari lalu, serta usaha sambal berbahan dasar cabe, pepaya dan nanasnya.

“Alhamdulillah sangat senang mengikuti pelatihan ini karena banyak ilmu yang didapat. Di antaranya materi membuat desain kemasan produk ,” ungkap Tarwati. (JS)