Biopal Solusi Pengolahan Limbah Pelaku Jasa Boga di Kelurahan Kayu Putih

Jajaran Kelurahan Kayu Putih menindaklanjuti pengaturan limbah terhadap pelaku usaha jasa boga, di RT 006 RW 04, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis (13/10/2022). Biopal akan jadi solusi dalam pengolahan limbah pelaku usaha di wilayah tersebut.

Lurah Kayu Putih, Tuti Sugihastuti menjelaskan, terdapat pelaku usaha rumahan yang bergerak di bidang jasa boga (katering), yang diimbau untuk mengolah limbahnya demi menjaga lingkungan sekitar.

Kelurahan memberikan solusi, dengan cara kolaborasi dengan Perumda Paljaya, dengan memasangkan tangki septik modifikasi biopal untuk mengolah limbah yang dihasilkan produksi makanan dan minuman oleh pelaku usaha tersebut.

“Kita berkolaborasi dengan PD. Paljaya, dengan sistem pengelolaan sampah dengan biopal, jadi biopal ini memproses limbah, sehingga air yang keluar di lingkungan itu sudah tidak mengeluarkan aroma dan tidak akan mencemarkan lingkungan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, tangki septik modifikasi biopal tersebut, dalam minggu ini sudah teraplikasi, sehingga dengan cepat mengendalikan limbah di lingkungan tersebut. (AD)