Pengecoran Tebing Longsor di RW 04 Kelurahan Makasar Selesai 15 Desember

Perbaikan tebing longsor di RW 04 Kelurahan Makasar terkendala cuaca. Pengecoran tebing tak bisa dilakukan karena ketika hujan deras membuat debit air Kali Cipinang meninggi.

Kasi Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Puryanto menjelaskan itu dalam perbincangan dengan tim Sudin Kominfotik, Jumat (28/10/2022). Hingga saat ini, progres perbaikan badan jalan dan tebing longsor sepanjang 47 meter dan tinggi 11,5 meter di Jalan Kerja Bakti VII RT 09/04, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur baru sekitar 5 persen.

“Progres pekerjaan baru sekitar 5 persen. Kerangka plat lantai sudah siap, tinggal dilakukan pengecoran saja. Namun, terkendala oleh cuaca yang sering terjadi hujan deras sehingga menyebabkan debit air Kali Cipinang tinggi. Ini membuat lahan yang telah digali untuk pemasangan plat lantai jadi tergenang,” kata Puryanto.

Menurut Puryanto, jika hujan deras terjadi otomatis proses pekerjaan terhenti, mengingat tebing cukup terjal dan tinggi, apalagi debit air di kali juga ikut naik. Sementara pemasangan plat dan pengecoran harus dilakukan saat cuaca cerah. Rencananya, proyek perbaikan ini ditargetkan tunas pada 15 Desember mendatang.

Sebelumnya, terjadi longsoran di wilayah itu pada 4 Oktober lalu ketika hujan deras mengguyur. Lokasi longsor merupakan akses satu-satunya pemukiman warga RW 07 Kelurahan Makasar. (JS)