Forkopimpko Jakarta Timur Monitoring Misa Malam Natal 2022

Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Timur memonitor Misa Malam Natal, di Gereja Santo Yosep, Kecamatan Matraman dan Gereja Santo Antonius Padua, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (24/12/2022) sore.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengatakan bersama Forkopimko dan Forum Komunikasi Umat Beragam (FKUB) monitoring Misa Malam Natal 2022 dilakukan untuk memastikan ibadah berjalan aman dan damai.

“Jadi saya dengan mereka (Kapolres, Dandim, dan FKUB) memastikan, mengecek pengamanannya, kesiapannya, CCTV, dan sebagainya. Agar saudara-saudara kita yang beragama Kristiani baik Katolik-Protestan, bisa beribadah dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan ibadah Misa Malam Natal 2022 tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid 19.

“Dikhawatirkan ketemunya nanti di Natal dan tahun baru terjadi pelonjakan lagi,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyampaikan pesan Natal, yakni kedamaian untuk semua. Artinya tidak ada lagi diskriminasi dan semua warga negara Republik Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama.

"Mudah-mudahan Natal ini membawa kebersamaan kita, kekompakan kita, kita boleh beda suku, beda ras, beda agama, namun kita satu diikat oleh Kebhinekaan,” pungkasnya.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Budi Sartono menyampaikan, telah mengerahkan 550 personil untuk mengamankan jalannya ibadah malam Natal 2022 di setiap gereja yang ada di Jakarta Timur.

“Kami dari Polres intinya kita siap melaksanakan pengamanan seluruh gereja yang ada di Jakarta Timur, baik gereja kecil, besar, walaupun tidak melaksanakan kegiatan kita sudah menempatkan anggota, intinya kita ingin memberikan kenyamanan kepada warga Jakarta Timur, khususnya yang beragama Nasrani bisa melaksanakan kegiatan keagamaan dengan nyaman,” jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0505/Jakarta Timur Kolonel Arm Yogo Widiatmoko mengatakan, sebanyak 300 personil TNI dikerahkan untuk berkolaborasi dengan Polri demi mengamankan malam Natal 2022.

“Saya ingin mengucapkan Selamat Natal dan tahun baru, buat seluruh umat Nasrani yang ada di Jakarta Timur, rayakan Natal tahun ini dengan hikmat,” tuturnya. (AD)