Mural Bertema Akuarium Hiasi Kolong Flyover Pondok Kopi Malaka Jaya

Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur mengubah suasana kolong Flyover Pondok Kopi di Jalan I Gusti Ngurah Rai dengan ragam lukisan dinding atau mural berkonsep akuatik. Konsep akuatik dipilih sesuai dengan kondisi bentuk kolong flyover.

Lurah Malaka Jaya, Asiyanto menjelaskan, pembuatan mural berkonsep akuatik dibuat sebagai penataan kawasan di lingkungan Kelurahan Malaka Jaya sesuai instruksi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

"Ini kita buat sejak Oktober 2022 lalu dan alhamdulillah, penataan kawasan ini membuat kolong flyover menjadi estetik, yang dapat dinikmati bagi warga," kata Asiyanto.

Selain penghijauan konsep akuatik, menurutnya, deretan lukisan dinding yang memanjakan mata dapat dimanfaatkan warga yang melintas untuk berswafoto. Mural tiga dimensi (3D) dibuat langsung para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Hanya saja, Asiyanto berpesan, seluruh warga dapat menjaga dan merawat bersama hasil dari penataan kawasan tersebut.

"Agar seluruh warga dapat ikut serta menjaga dan merawatnya, utamanya tidak mencoret-coret dinding yang telah dihias," pungkasnya. (AJ)