Siasati Lahan Sempit, Warga RW 09 Pekayon Tanam Sayuran dengan Metode Vertikultur

Keterbatasan lahan bukan halangan bagi warga RW 09 Kelurahan Pekayon melakukan penghijauan. Dengan metode vertikultur atau budidaya tanaman secara vertikal, mereka memanfaatkan lahan sempit untuk melakukan urban farming.

Inovasi ini dilakukan Urban Farming Kali Laya Bersemi RT 015 RW 09 Kelurahan Pekayon. Lurah Pekayon Mesrarianita menjelaskan, vertikuluter adalah solusi alternatif untuk menanam di lahan terbatas dengan media pipa atau tong dengan membuat lobang tanam bertingkat.

“Urban Farming Kali Laya Bersemi telah mencoba mengaplikasikan sistem vertikultur dengan menggunakan barel (tong) bekas dengan kapasitas 30 sampai dengan 45 lubang tanam vertikal. Vertikultur ini efektif untuk menyiasati lahan terbatas supaya masyarakat urban tetap dapat melaksanakan kegiatan menanam untuk sekedar menyalurkan hobi atau untuk keperluan komersial,” kata Mesrarianita.

Tanaman vertikultur yang ditanam berbagai macam, mulai dari sayur-sayuran, tanaman hias dan tanaman pangan yang bisa diaplikasikan dalam pot. (JS)