300 Peserta Ikuti Peringatan Hari Gizi Nasional Ke-63 Tingkat Kota Jakarta Timur

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Peringatan Hari Gizi Nasional ke-63 di Ruang Auditorium Lantai 4 Universitas Binawan, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (7/2/2023). Sebanyak 300 peserta mengikuti peringatan, terdiri dari para Wakil Camat dari 10 Kecamatan di Jakarta Timur dan para mahasiswa.

Ketua Sub Kelompok Kesehatan, Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Beni Hari Wibowo, membuka Peringatan Hari Gizi Nasional ke-63 yang mengangkat tema “Isi piringku kini kaya protein hewani, protein hewani cegah stunting”.

Peringatan ini berkat kerjasama Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur dengan DPC Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Jakarta Timur dan Universitas Binawan.

“Semoga dengan kerjasama yang dibangun secara konvergen ini dapat menguatkan upaya kita bersama lintas sektoral se-Jakarta Timur, untuk menurunkan prevalensi stunting dan masalah gizi lainnya di Jakarta Timur. Sesuai tema dan Hari Gizi Nasional tahun ini, maka saya mengajak untuk dapat mengkonsumsi protein hewani setiap kali makan dan isi piringku yang kaya protein hewani,” kata Beni Hari Wibowo.

Sementara itu, Plt Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, dr. Indra Setiawan mengatakan, sebanyak 10 Puskesmas Kecamatan dan 10 Puskesmas Kelurahan mendapatkan Piagam Penghargaan Puskesmas Ramah Anak dari Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Dengan hadirnya Puskesmas Ramah Anak menunjukkan tersedianya SDM, yang memiliki pehamanan tentang prinsip-prinsip Konvensi Hak Anak. Hasil yang diharapkan adalah hak anak atas kesehatan dapat terpenuhi, jumlah anak yang sehat meningkat, dan permasalahan kesehatan pada anak menurun. Adanya Puskesmas Ramah Anak juga berkontribusi dalam mewujudkan Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai Kota Layak Anak,” ujar Indra. (JS)