Menengok Penataan Kawasan Hasil CIP CAP RW 05 Kelurahan Rawa Terate

Realisasi Program CIP (Collaborative Implementation Program) atau pengerjaan fisik kampung sesuai kajian program turunan dari Community Action Plan (CAP) sebagai bentuk kolaborasi antara warga dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah dirasakan manfaatnya oleh warga Jalan Benteng RW 05 Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Kawasan yang dulu kumuh kini berubah menjadi kawasan pemukiman warga yang tertata rapi. Selain keindahan dengan hiasan mural atau lukisan dinding dan penghijauan, wilayah tersebut juga telah bebas banjir.

Lurah Rawa Terate, Jaenudin menyampaikan, rasa terimakasih atas program Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Jakarta Timur dalam meningkatkan kualitas permukiman berbasis masyarakat. Program ini untuk mengatasi kekumuhan dengan menata kembali lingkungan di Kota Jakarta Timur.

“Alhamdulilah dari program CAP dan CIP, ada lima RW di Kelurahan Rawa Terate telah dilakukan penataan. Dari perbaikan saluran yang saat ini, sudah tidak banjir hingga keindahan lingkungan dengan beragam penghijauan,” katanya kepada Tim Sudin Kominfotik, Selasa (14/2/2023).

Hanya saja, dia mengingatkan warga untuk menjaga lingkungan yang telah tertata rapi dan terus melakukan inovasi dari potensi masyarakat. “Dijaga dan terus berinovasi sehingga kesan kumuh di Rawa Terate tidak kembali,” imbuhnya.

LMK Kelurahan Rawa Terate, Teguh mengaku senang adanya perbaikan dalam penataan kawasan yang saat ini menjadi wajah baru yang dirasakan besar manfaatnya bagi masyarakat. Dari penataan itu, beragam infrastruktur dilakukan terlebih perbaikan saluran dalam mengantisipasi banjir.

“Ini bagian dari mengedukasi masyarakat akan pentingnya lingkungan bersih yang tertata rapi. Dahulunya kumuh sudah bersih, dulunya kusam sekarang sudah dihiasi mural bahkan dulunya banjir sekarang tidak banjir hingga potisasi untuk penghijauan,” ujarnya. (AJ)