Wakil Wali Kota Pimpin Sidang Pleno I Musrenbang Kecamatan

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, Hendra Hidayat, memimpin Rapat Sidang Pleno 1 Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Terintegrasi Musrenbang Kelurahan Kota Administrasi Jakarta Timur, di Ruang Pola Lantai 2 Gedung Blok A, Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (20/2/2023). Sidang Pleno 1 membahas peningkatan ketahanan kota melalui penguatan ekonomi dan pemantapan kualitas pelayanan dasar.

Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur Andono Warih menjelaskan, Sidang Pleno 1 dihadiri seluruh Suku Dinas terkait, para camat se-Jakarta Timur, perwakilan warga dan diikuti 10 kecamatan melalui zoom meeting.

“Untuk sidang pleno ini memberikan arahan kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur untuk mewakili sidang kelompok di seluruh Kelurahan di Jakarta Timur. Apa saja program unggulan apa saja yang sudah diprioritaskan serta menjadi usulan kegiatan di tahun 2024,” kata Andono.

Sidang Pleno dibagi dalam dua sesi, Kecamatan Duren Sawit, Kecamatan Cakung, Kecamatan Matraman, Kecamatan Pulogadung dan Kecamatan Jatinegara mendapat giliran di sesi pertama. Sementara sesi kedua yaitu Kecamatan Kramat Jati, Kecamatan Makasar, Kecamatan Ciracas, Kecamatan Pasar Rebo, dan Kecamatan Cipayung.

Dalam sidang muncul berbagai usulan terutama terkait fisik dari anggota DPRD DKI Jakarta. Namun, Andono mengingatkan usulan non fisik juga tak kalah penting.

“Jadi dari anggota DPRD banyak membahas usulan fisik dari Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga, tetapi tadi diingatkan bahwa ada usulan non fisik yang tidak kalah pentingnya. Seperti pelatihan, pengembangan spiritual dan peningkatan dan pengembangan ekonomi warga Jakarta Timur khususnya. Pembahasan utama pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19, penanganan kemacetan, penanganan genangan di seluruh wilayah Jakarta Timur,” tutupnya.

Dalam Rapat Sidang Pleno 1 Musrenbang juga diikuti para anggota DPRD DKI Jakarta dari daerah pemilihan Jakarta Timur, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Fredy Setiawan, Asisten Pemerintahan Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Eka Darmawan, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Achmad Salahudin, dan Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Kusmanto. (JS)