Wakil Walikota Jaktim Janji Tertibkan PKL di Depan Pasar Ciracas

Wakil Walikota Jakarta Timur Drs. H. Husein Murad, M.Si, berjanji akan segera menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di depan Pasar Ciracas. Pasalnya, selama ini keberadaan PKL kerap menimbulkan kemacetan lalu lintas di depan Pasar Ciracas dan mengganggu pengguna jalan.

“Memang para pedagang ini sangat mengganggu lalu lintas didepan pasar Ciracas ini, kita akan tertibkan secepatnya dan akan diberikan penjagaan dari Satpol PP tingkat Kelurahan dan apabila masih kurang akan dibantu dari Kecamatan dan jika masih kurang lagi dari tingkat Kota akan membantu penjagaan disekitar depan pasar Ciracas agar tidak ada lagi yang berjualan didepan pasar,” ujar Husein, saat melakukan kunjungan kerja Silaturahmi Minggu Pagi (SMP), di RW.09 Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Minggu (2/11).

 Menurutnya, memang sulit mengatasi para PKL di depan pasar Ciracas ini, namun hal itu juga bukan semata kesalahan para pedagang juga tetapi adanya pembeli yang tidak mau belanja didalam pasar juga menjadi masalah.

“Jika semua pembeli tidak belanja didepan pasar, mereka para pedagang juga akan berpikir dagangannya sepi pembeli karena para pembeli banyak yang memilih untuk belanja didalam pasar sehinga nantinya para pedagang ini akan mau masuk kedalam pasar dan tidak berjualan lagi didepan pasar yang selalu membuat kemacetan lalu lintas,” ujarnya.

Husein mengatakan, jika para PKL ini sudah ditertibkan dan tidak ada lagi warga yang belanja di luar pasar, maka nantinya tidak akan ada lagi para PKL yang berjualan diluar dan tidak ada lagi kemacetan disekitar pasar. Jika dilihat sekarang, banyak warga yang berkendaraan bermotor membeli sayuran tanpa turun dari motor, dan banyaknya angkot yang juga berhenti seenaknya justru inilah yang beberapa faktor yang penyebab kemacetan lalu lintas sekitar pasar.

“Warga harus kompak agar tidak belanja diluar pasar lagi, sehingga penertiban para PKL disekitar pasar ciracas ini membuahkan hasil, kita tidak ingin hari ini ditertibkan namun seminggu kemudian ada lagi dikarenakan masih adanya warga yang berbelanja di luar pasar,” ujar Husein.

Anggota  LMK RW 02 Kelurahan Ciracas, Sumarmin, mengatakan, PKL didepan pasar Ciracas ini semakin hari semakin parah dan selalu membuat kemacetan disekitar pasar. Menurutnya, para PKL tersebut sudah pernah ditertibkan dan setiap jam 07.00 pagi jalanan sudah bersih dan lancar. Namun kondisi itu hanya bertahan seminggu dan kini kembali seperti dulu lagi.

“Saya berharap dari instansi terkait dapat mencarikan solusinya bagaimana para PKL ini bisa ditertibkan dan tidak menjadi sumber kemacetan didepan pasar Ciracas, diharapkan dengan kedatangan Wakil Walikota Jakarta Timur masalah PKL di depan Pasar Ciracas ini ada solusinya sehingga lalu lintas sekitar pasar bisa lancar karena jika sudah macet semua jadi terganggu. Banyaknya pembeli yang belanja diluar pasar dan banyaknya angkot yang berhenti untuk ngetem juga beberapa faktor penyebab kemacetan selain para PKL,”  papar Sumarmin. (Idham/Kominfomas JT)