Taman Interaksi Duren Sawit Dibuka Besok

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, melakukan peninjauan Taman Interaksi Kelurahan Duren Sawit, Rabu (23/2/2023). Rencananya taman yang berada di Jalan Kelurahan akan dibuka untuk publik mulai Kamis (24/2/2023) atau besok.

Taman yang merupakan kawasan penataan unggulan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur digagas dalam upaya mewujudkan keasrian lingkungan bersih dan menghilangkan kesan kumuh. Sebelumnya, taman merupakan lahan yang kerap dijadikan parkiran, pembuangan sampah dan rumput liar hingga seringkali ditemukan banyak ular.

“Taman interaksi ini sebenarnya sudah mulai dibuka, namun kita belum memberikan jadwal waktu operasional. Insyaallah, besok sudah kita berikan jadwal termasuk buat ibu guru PAUD (Pendikan Anak Usia Dini), agar sudah dapat memanfaatkan taman ini untuk pendidikan anak anak,” kata Lurah Duren Sawit, Santi Nur Rifinadini yang mendampingi Pj Gubernur bersama Camat Duren Sawit Musa Syafrudin.

Pihak Kelurahan Duren Sawit berterima kasih atas sumbangsih PT. Antam Logam Mulia atas Corporate Social Responsibility (CSR) mereka yang mendukung pembuatan taman interaktif itu.

“Harapan kedepan seperti Pak PJ Gubernur sampaikan, ini bukan akhir tetapi ini awal bukan hanya lingkungan saja tetapi dibidang lainya secara berkesinambungan,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager Antam Logam Mulia, Purwanto mengatakan, akan mendukung dan terus bekerja sama bersama pemerintah di lingkup kerja PT. Antam. Di taman seluas 1.300 meter per segi itu, PT. Antam membantu sarana bermain anak, edukasi tentang pertanian perkotaan termasuk tanaman langka yang bisa membantu mengedukasi warga.

“Ya, arahan Pak Pj, kerja sama ini terus berjalan dan kita juga harus mencari daerah-daerah lain di sekitarnya, yang nanti memang kami tetap koordinasikan dengan pemerintah setempat bagaimana langkah-langkahnya. Prinsipnya, sangat mendukung kegiatan ini karena menghasilkan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Imah, salah satu warga Kelurahan Duren Sawit, mengaku keberadaan taman interaksi membuat dirinya senang. Selain wahana bermain baru juga dapat meningkatkan perekonomian bagi warga.

”Saya pedagang terbantu sekali, anak saya juga ikut main dan dagangan saya juga laris,” ungkapnya. (AJ)