Wali Kota Lantik 10.300 Anggota PMR Se-Jakarta Timur

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melantik 10.300 anggota Palang Merah Remaja (PMR) se-Jakarta Timur, di Lapangan Utama Buperta Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (26/2/2023).

Turut hadir dalam pelantikan akbar tersebut Ketua Umum PMI Pusat Republik Indonesia Jusuf Kalla, Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rustam Effendi, dan Ketua PMI Kota Administrasi Jakarta Timur H. R Krisdianto.

“Kegiatan mengikuti ekstrakurikuler PMR adalah pilihan tepat untuk pengembangan diri. Saya yakin anak-anakku mampu memprioritaskan tugas utama belajar dengan tetap menunjukan prestasi,” kata Wali Kota yang mendapatkan penyerahan Surat Piagam pelantikan dari Jusuf Kalla.

Peserta pelantikan PMR, sebelumnya telah mengikuti Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) Kepalangmerahan pada 21 dan 22 Januari 2023 untuk Tingkat Mula (SD/MI), Madya (SLTP/MTs), dan Wira (SLTA/MA) di 10 Kecamatan se-Jakarta Timur dan e-learning secara virtual.

“Tujuan PMR adalah agar siswa mampu mengembangkan diri, menjadi karakter remaja yang berkualitas, mandiri, bertanggung jawab dan memiliki kepedulian sosial terhadap sesama,” imbuhnya.

Menurut Wali Kota kegiatan PMR dapat mengedukasi para remaja untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta disiplin.  

“Ketika mereka melakukan kegiatan positif sebagai anggota PMR, bisa menjauhkan hal-hal negatif seperti tawuran, narkoba dan sebagainya,” tandasnya.

Pelantikan diwarnai pertunjukan cara pertolongan pertama dari anggota PMR dalam penanganan bencana kepada warga masyarakat yang terkena musibah.  (JS)