Jakarta Timur Raih Piala Adipura 2022

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur meraih penghargaan di bidang lingkungan hidup yakni Piala Adipura Tahun 2022 untuk Kategori Kota Metropolitan.

Penganugerahan Piala Adipura 2022 tersebut disampaikan langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar kepada Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M Anwar, di Auditorium Dr. soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Jakarta, Selasa (28/2).

Raihan Piala Adipura Tahun 2022 bagi Kota Administrasi Jakarta Timur ini merupakan peningkatan, mengingat pada 2018, Kota Adminstrasi Jakarta Timur meraih sertifikat Adipura. Sedangkan pada 2019, 2020, dan 2021, penghargaan Adipura tidak diselenggarakan, menyusul pandemi Covid 19 di tanah air.

Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M Anwar, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian itu.

“Piala Adipura ini adalah pencapaian semua pihak. Terima kasih untuk masyarakat yang terus memberi dukungan,” ujarnya.

Penghargaan Adipura ini, kata Wali Kota, merupakan hasil dari upaya tidak kenal lelah pemerintah dan masyarakat dalam menjaga ekosistem lingkungan yang lebih baik terutama pengolahan sampah dan mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

Wali Kota berharap apresiasi ini semakin memotivasi semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan Kota Jakarta Timur mejadi lebih bersih, lebih indah, dan mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor.

Indikator penghargaan Adipura terdiri dari pengelolaan sampah, Ruang Terbuka Hijau (RTH), circular ekonomi dari pengelolaan sampah dan RTH, pengendalian pencemaran air dan udara, pengendalian dampak perubahan iklim, pengelolaan kasus pertambangan, pengendalian kebakaran hutan dan lahan, dan penerapan tata kelola pemerintahan yang baik. (AD)