5 Usulan Penanganan Banjir Jadi Pembahasan Utama Musrenbang Kecamatan Kramat Jati

Pembahasan usulan prioritas penanganan banjir menjadi fokus utama dalam Sidang Pleno II Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kramati Jati yang dibuka Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M.Anwar, Kamis (2/3/2023).

Usulan prioritas penanganan banjir itu di antaranya penurapan, normalisasi dan pembangunan waduk. Untuk penurapan dilakukan di Kali Item RT 01 RT 04 RW 15 Kelurahan Cililitan, dan penurapan Kali Baru Hek Kelurahan Tengah serta Kelurahan Kramat Jati.

Normalisasi dilakukan di Kali Induk Kelurahan Tengah, Kelurahan Batu Ampar dan Kelurahan Cililitan, serta normalisasi Sungai Ciliwung Kelurahan Balekambang, Kelurahan Cawang dan Kelurahan Cililitan. Sementara pembangunan waduk dilakukan di RW 4 Kelurahan Tengah.

“Tadi yang menarik dan masih dalam fokus usulan prioritas warga yaitu penanganan banjir, dan semoga dengan Musrenbang ini dapat segera mengatasi semua permasalahan di wilayah Kecamatan Kramat Jati,” kata Wali Kota.

Seperti diketahui, ada 184 usulan di Musrenbang Kelurahan Kramat Jati dengan anggaran Rp130 miliar lebih. Dari jumlah usulan itu, 126 usulan fisik, 9 usulan non fisik dan 49 usulan barang. Usulan terbesar untuk Sudin Bina Marga dengan 55 usulan, Sudin Sumber Daya Air (SDA) 32 usulan dan Sudin Perhubungan 20 usulan.

Camat Kramat Jati, Rudy Syahrul berharap para Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) berkomitmen menjalankan usulan warga itu.

“Saya berharap seluruh UKPD yang sudah berkomitmen akan mengerjakan usulan warga pada tahun ini agar dikerjakan dengan baik, sehingga warga dapat merasakan hasilnya,” ujarnya. (JS)