Penataan Gunung Antang dan Perbaikan Kali Prioritas Musrenbang Kecamatan Matraman

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Fredy Setiawan, membuka Sidang Pleno II Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Matraman 2023, di Aula Kantor Camat Matraman, Jakarta Timur, Jumat (3/3/2023).

Fredy menjelaskan, penataan kawasan Gunung Antang yang berlokasi di Palmeriam menjadi prioritas dalam Musrenbang Kecamatan Matraman. Lokasi tersebut diusulkan akan ditata dengan penanaman pohon untuk penghijauan serta perbaikan dinding kali yang berada di Gunung Antang lewat Suku Dinas (Sudin) terkait.

“Jadi bertahap, mana Sudin terkait yang bisa dikerjakan tahun ini dan tahun depan, yang sudah diusulkan itu betul-betul dikawal,” kata Sekko.

Camat Matraman, Bambang Pangestu menambahkan, penataan Gunung Antang sampai saat ini sudah dikerjakan secara bertahap. Saat ini sudah dilakukan penanaman pohon untuk penghijauan, tahun depan akan dilakukan perbaikan dinding kali dengan metode sheet pile (perbaikan dinding kali turap). Perbaikan yang pernah dilakukan pada kali yang berada di Jalan Galur Sari Timur, Kelurahan Utan Kayu Selatan, yang sering terjadi longsor.

“Paling tidak kita bisa mengurangi tingkat kriminalitas dan juga penyakit sosial masyarakat yang ada di Gunung Antang yang selama ini dikenal tempat lokalisasi ada prostitusi, ada perjudian, kita juga sudah lakukan penanaman pohon lindung,” ujarnya.

Penataan Gunung Antang dan perbaikan saluran masuk dalam usulan warga dari 6 kelurahan yang masuk dalam Kecamatan Matraman, dengan total 94 usulan, yang terdiri dari 48 usulan fisik berupa perbaikan dan pembangunan infrastruktur, 11 usulan non fisik seperti pelatihan keterampilan), dan 35 usulan barang dengan nilai anggaran mencapai Rp22 miliar lebih. (AD)