Taman Salix, Pengendali Banjir Tersembunyi di Pondok Ranggon

Kota Administrasi Jakarta Timur memiliki banyak sarana pengendali banjir, mulai dari Kanal Banjir Timur (KBT) atau deretan waduk-waduk, seperti Waduk Pondok Ranggon misalnya.

Tapi, tak hanya itu, ada juga taman yang memang diperuntukkan sebagai pengendali banjir. Salah satunya, Taman Salix yang berada di Jalan Mufakat No 74 RT 3 RW 02 Kelurahan Pondok Ranggon, tak jauh dari Masjid Jami Nurul Ihsan.

Taman tersembunyi ini sama dengan taman-taman lain. Dihiasi pepohonan dan tanaman bunga, rumput hijau yang menghampar dan ada juga danau luas yang di atasnya tumbuh tanaman teratai.

“Taman Salix memiliki luas 5.338 meter per segi. Taman yang salah satunya memiliki danau. Selain sebagai tempat interaksi warga, juga sebagai pengendali banjir,” kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur, Djauhar Arifin, dalam perbincangan dengan Tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Jumat (10/3/2023).

Saking tersembunyinya taman ini, para pengunjung yang ingin datang ke tempat ini harus masuk ke dalam sejauh kurang lebih 300 meter dari jalan utama. Tapi, tak perlu khawatir, wisata lokal tersembunyi ini memiliki berbagai fasilitas, mulai dari tempat permainan anak, jogging track, lapangan basket, saung untuk berteduh, WC umum, serta tempat duduk untuk sekedar menghabiskan waktu. (JS)