Bank Sampah RW 08 Kelurahan Cijantung Tampung 198,45 Kg Sampah

Bank Sampah RW 08 Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo, berhasil mengumpulkan 198,45 kilogram selama satu bulan terakhir. Sampah berupa botol dan tutup botol plastik.

Sampah-sampah tersebut dikumpulkan dari tiga RT, yakni RT 01, RT 02 dan RT 03. Hal itu diungkapkan Lurah Cijantung, Teguh Suharyono, dalam proses penimbangan, Selasa (14/3/2023), sebelum sampah dibawa ke Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur.

“Kegiatan Bank Sampah RW 08 merupakan salah satu bank sampah terbaik di wilayah Kelurahan Cijantung karena dari pengurus RT, pengurus RW, dan PKK semua mau berbuat menjadikan lingkungan menjadi bersih dari sampah. Paling bagus lagi semua warga di RW 08 ini sudah memilah sampah rumah tangganya sehingga mengurangi sampah di sumbernya,” kata Teguh.

Teguh berharap kegiatan ini diikuti wilayah lain. Bank sampah sendiri tak hanya berdampak terhadap kebersihan tapi juga bisa menambah penghasilan.

“Saya harapkan di Bank Sampah RW yang lain, bisa melakukan yang terbaik selain lingkungan menjadi bersih juga bisa mengais rejeki dari sampah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RW 08 Kelurahan Cijantung, Mayor Sri Yulianto berharap keinginan mereka memiliki tempat penyimpanan khusus untuk bank sampah bisa terlaksana. Permintaan itu sudah dilayangkan ke Dinas Lingkungan Hidup.

“Kami berharap dengan dibangun tempat penyimpanan untuk bank sampah menjadikan bisa lebih leluasa dan lebih rapi, untuk sampah yang sudah dipilah dari warga,” ujarnya. (JS)