11 Anggota Dewan Pendidikan Periode 2022-2027 Jakarta Timur Dikukuhkan

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengukuhkan sebanyak 11 orang anggota Dewan Pendidikan periode 2022-2027 di Ruang Pola Lantai 2 Blok A Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (20/3/2023). Pengukuhan dilakukan langsung Wakil Wali Kota Jakarta Timur, Hendra Hidayat.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota mengatakan, pengukuhan anggota Dewan Pendidikan merupakan bagian dari keberlangsungan organisasi setelah periode sebelumnya berakhir. Sesuai surat permohonan yang dilayangkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada 2022, pihaknya telah menindaklanjuti proses rekrutmen sesuai tahapan.

“Puncaknya hari ini, kita kukuhkan setelah Pak Wali Kota Jakarta Timur menandatangani dan mengeluarkan SK anggota Dewan Pendidikan periode 2022-2027 pada 16 Maret 2023 lalu,” kata Wakil Wali Kota.

Wakil Wali Kota berharap, para anggota Dewan Pendidikan bisa memahami fungsi dan peran mereka ke depan saat menjalankan tugas. Pesannya, peran dan fungsi memberi masukan kebijakan pendidikan, menyukseskan penyelenggaraan pendidikan, pengontrol transparansi pengelolaan pendidikan, serta menjadj penyeimbang pemerintah dan masyarakat di bidang pendidikan.

“Tidak kalah penting, dibutuhkan keikhlasan dalam mengurus masyarakat. Semoga Dewan Pendidikan yang terpilih tetap bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kota membangun Jakarta Timur,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Pendidikan Jakarta Timur periode 2022-2027, Tjipto Sumadi mengakui, banyak tantangan dunia pendidikan yang harus segera dicermati dan diselesaikan. Salah satunya, tantangan persoalan perkembangan sosial dan perubahan kurikulum menjadi isu strategis sistem pendidikan pasca  pandemi Covid 19.

“Karena itu kami akan melakukan pemetaan dahulu untuk mencermati dan menganalisa skala prioritas yang harus dikerjakan. Tapi, kuncinya adalah bagaimana kekuatan sinergi dan kolaborasi,” ucapnya.

Tahapan pemilihan Dewan Pendidikan Jakarta Timur sendiri diawali dari tahap pendaftaran yang diikuti 22 orang. Kemudian, dari jumlah itu sebanyak 18 orang lulus menjadi peserta dan setelah dilakukan seleksi lanjutan terpilih 11 orang ditetapkan. (AJ)

Sebagai informasi, berikut nama anggota Dewan Pendidikan periode 2021-2027 terpilih :

1. Tjipto Sumadi

2. Muspidah

3. Nawang Wulan

4. Wahyu Widodo

5. Sarji

6. H Romdhani

7. Sulistian Tarunajaya

8. Widya Sananda

9. Sri Widias Mulyanti

10. Handry Fahmi Muzahar

11. Dwi Hartanti