Cegah Stunting, RW 02 Kelurahan Cilangkap Gelar Gebyar Posyandu

Demi mencegah kasus stunting, jajaran pengurus RW 02 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, menggelar Gebyar Posyandu di Jalan Giri Kencana, Kamis (27/4/2023). Kegiatan yang difokuskan di Posyandu Melati 4 diikuti 120 balita. 

Pemeriksaan kesehatan secara detil kepada sejumlah balita itu berupa pengukuran tinggi badan, penimbangan, ukur lingkar kepala dan lengan. Ada juga pemeriksaan suhu tubuh dan pemberian imunisasi oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kelurahan Cilangkap.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, semua balita yang ada mengikuti kegiatan Posyandu Melati 4 ini. Tentunya, ini sebagai salah satu upaya mencegah kasus stunting,” kata anggota Posyandu Melati 4 RW 02 Cilangkap, Erny Nuraini.

Ketua RW 02 Cilangkap, Nurito menambahkan, pihaknya mengapresiasi para kader posyandu, kader PKK dan pengurus RT/RW, LMK, FKDM, PPSU, yang terlibat dalam gebyar posyandu tersebut. Apalagi kegiatan juga didukung dari unsur kelurahan dan puskesmas kelurahan itu membantu mencegah kasus stunting pada balita di wilayahnya.

“Sejak awal memang kita selalu imbau bagi orang tua yang memiliki balita agar rutin memeriksakan kesehatan balitanya di posyandu yang telah ada. Di RW 02 Cilangkap ini, ada dua Posyandu Balita, yakni Posyandu Melati 3 dan 4, sedangkan Posyandu Lansia ada satu. Seluruhnya aktif dan setiap bulan rutin menggelar kegiatan,” ujar Nurito. 

Kegiatan posyandu ini sekaligus dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat, generasi cerdas, bergizi dan berkualitas. Pihaknya juga bersyukur sejauh ini tidak ada kasus stunting di wilayahnya. (JS)