168 Kepala Keluarga Kelurahan Rawamangun Deklarasikan STBM

Kelurahan Rawamangun menggelar Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) bersama 168 Kepala Keluarga di RPTRA Beringin Indah, Jumat (5/5/2023).

Jakarta Timur, (5/5/2023) - Sebanyak 168 Kepala Keluarga (KK) Kelurahan Rawamangun melakukan Deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Beringin Indah, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Jumat (5/5/2023). Deklarasi disaksikan langsung Walikota Jakarta Timur, M. Anwar.

Walikota menjelaskan, STBM merupakan salah satu upaya menekan angka stunting di Jakarta Timur. Tak hanya itu, STBM juga dilakukan dalam rangka menciptakan lingkungan bersih dan sehat sekaligus komitmen bersama antara warga dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur.

STBM sendiri meliputi salah satunya menjalani Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelohan air minum dan makanan yang sehat. Inilah kategori yang dimiliki 168 kk yang mengikuti deklarasi, mereka sudah memiliki fasilitas jamban yang layak, baik itu berasal dari kerjasama pihak swasta atau dibuat secara mandiri.

“Mudah-mudahan dengan STBM ini, yang pertama kita bisa memastikan stunting kita tekan berkurang. Ke depan dapat zero stunting, yang kedua saya minta tolong Kapuskes (Kepala Puskesmas) dan jajarannya memonitoring evaluasi, setelah STBM dibangun ini, kira-kira ada perubahan signifikan atau tidak,” kata Walikota.

Hal yang ketiga, Walikota menegaskan, semua pihak untuk memastikan kualitas isi ulang air minum di lingkungan masing-masing. “Diperiksa kualitas airnya, karena masih temukan kualitas air isi ulang itu ada yang tercemar bakteri koliform,” ujar Walikota.

Lurah Rawamangun, Hery Kurniawan menambahkan, 168 KK yang mengikuti deklarasi sudah mendapatkan sosialisasi sejak 2022. Mereka diberikan informasi terkait jamban yang layak dan tidak mengalir ke selokan.

“168 STBM sudah selesai kita bangun bersama stakeholder, warga juga ada yang bangun mandiri. Alhamdulillah, hari ini sudah selesai dan hari ini dideklarasikan bareng. Satu rumah tangga ada yang stunting, jadi nanti juga kita evaluasi, monitoring, setelah adanya STBM mudah-mudahan membaik,” tambah Hery (AD)