Tiga Inovasi Jadi Keunggulan Kelurahan Susukan di Lomba Kelurahan Terbaik 2023 Jakarta Timur

Program Lumbung Sedekah Pangan RW 01, Posyandu Mawar RW 04 dan Taman Hatinya PKK RW 06 jadi unggulan Kelurahan Susukan menghadapi persaingan 5 besar Lomba Kelurahan Terbaik 2023.

Jakarta Timur, (24/5/2023) - Kelurahan Susukan masuk lima besar Lomba Kelurahan Terbaik 2023 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur. Tiga inovasi Kelurahan Susukan mencuri perhatian dalam verifikasi penilaian verifikasi lapangan yakni Program Lumbung Sedekah Pangan RW 01, Posyandu Mawar RW 04 dan Taman Hatinya PKK RW 06 yang berlangsung Rabu (24/5/2023).

Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, yang sekaligus Pembina Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur 2023, mengungkapkan apresiasi besar terhadap ketiga inovasi tersebut. Hal itu diungkapkan usai melakukan pengecekan dokumentasi dan arsip di Kelurahan Susukan.

“Kelurahan Susukan sudah melakukan upaya administrasi secara baik, tadi juga tim mengecek langsung dari dokumentasi maupun arsip dan laporan-laporan yang sudah diinput. Usai melihat administrasi, tim langsung menuju melihat secara fisiknya,” kata Iin.

Program Lumbung Sekedah Pangan RW 01 merupakan gerakan sedekah dari masyarakat yang dikumpulkan bersama, kemudian disalurkan kepada warga yang membutuhkan, seperti sembako. “Harapannya bisa dilakukan seluruh RW di Kelurahan Susukan,” ungkapnya.

Posyandu Mawar RW 04 juga mendapat kunjungan tim verifikasi lapangan. Posyandu ini masuk dalam kategori terbaik setelah dalam Lomba PKK Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur dan meraih posisi ketiga.

“Di sini terlihat semua pengurus telah melaksanakan tugas dengan baik, didukung oleh Puskesmas, pengurus RW dan Pengurus RT serta tokoh masyarakat. Jadi poin-poin penilaian ini selain fisik administrasi, pemberdayaan masyarakat, dan terkahir kami melihat prestasi kerja dan inovasi yang dilakukan Lurah bersama jajarannya,” sambung Iin.

Verifikasi penilaian lapangan lainnya terkait urban farming dengan pemberdayaan masyarakat serta edukasi tentang gemar menanam di pekarangan rumah yang dilakukan Taman hatinya PKK RW 06. Menurut Wakil Walikota, program ini sejalan dengan upaya penghijauan sesuai arahan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Lurah Susukan, Andri Priwitama Maila mengakui, ketiga inovasi itu menjadi andalan mereka dalam Lomba Kelurahan Terbaik 2023. Ia menjelaskan Lumbung Sedekah Pangan di RW 01 diawali saat pandemi ketika warga secara swadaya mengumpulkan sedekah untuk dibelikan sembako dan membagikannya secara gratis.

“Posyandu Mawar juga masuk unggulan. Ini merupakan Posyandu terintegrasi dengan Bank Sampah RT 13 RW 04, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), dan ini merupakan salah satu andalan kami. Selain itu, ada lahan kosong dimanfaatkan oleh warga di RW 06 menjadi urban farming, dan menjadi kelas berkebun kader PKK dan warga untuk mengajak warga menanam dan menggalakkan penghijauan serta mendukung ketahanan pangan  di wilayah masing-masing,” ungkap Andri.

Andri berharap, Kelurahan Susukan menjadi yang terbaik di tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur dan masuk tiga besar sebagai langkah awal.

“Mudah-mudahan dukungan dari pengurus RW, pengurus RT, para kader PKK, kader dasawisma, menjadikan hasil terbaik,” tandasnya. (JS)