Embung RW 03 Jadi Solusi Kurangi Genangan di Kelurahan Cipayung 

Pembangunan embung seluas 5.000 meter di RW 03 Kelurahan Cipayung diharapkan rampung dalam tiga bulan. 

Jakarta Timur, (26/5/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur membangun Embung Cipayung di RW 03 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung. Dari hasil peninjauan yang dilakukan Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, Jumat (26/5/2023), pembangunan embung yang dibangun di lahan seluas 5.000 meter persegi baru mencapai 20 persen. 

“Dari pantauan saya, perkiraan pembangunan embung di sini sudah berjalan 20 persen karena memang baru dua minggu berjalan. Saya harapkan dalam waktu tiga bulan sudah selesai dengan kedalaman 5 meter, agar masuk musim penghujan pada September, bisa bermanfaat untuk warga sebagai penampungan air” kata Walikota. 

Saat ini embung baru mencapai kedalaman 1 meter, masih jauh dari target 5 meter. Ketika sudah rampung, dirinya berharap, embung menjadi solusi mengurangi genangan di wilayah tersebut, selain juga memberi manfaat lainnya bagi warga sekitar. 

“Lahannya seperti mangkok, jadi butuh kedalaman kurang lebih 5 meter, dan tadi dari koordinasi camat, baru sedalam 1 meter lebih, jadi masih kurang. Insyaallah dengan adanya embung ini tidak ada genangan lagi,” ujarnya. 

Dewan Kota Kecamatan Cipayung, Toto Suharto, mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur dalam pembangunan Embung Cipayung. Pembangunan tersebut diharapkan mengurangi dampak genangan atau banjir yang ada di wilayah kelurahan Cipayung, khususnya RW 03 dan RW 06. 

“Ini menjadi fokus buat kita untuk terus mengawal pembangunan Waduk (Embung) Cipayung ini,” jelasnya. 

Toto juga berharap pembangunan embung nantinya memberi dampak secara ekonomi dan dimanfaatkan sebagai tempat wisata bagi warga sekitarnya. “Warga memiliki harapan besar kalau Waduk (Embung) Cipayung itu bisa menjadi arena wisata atau jogging track, sehingga mereka bisa memanfaatkan sebagai sarana olahraga, terutama masyarakat Kelurahan Cipayung,” tandasnya. (JS)