Walikota Tinjau Inovasi Mobil PIK dan Konseling PKK RW 09 Kelurahan Gedong

Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau kesiapan PKK RW 09 Kelurahan Gedong, yang akan mewakili Pusat Informasi Keluarga (PIK) dalam Lomba 10 Program PKK Tingkat Provinsi DKI Jakarta. 

Jakarta Timur, (3/6/2023) – Tim Penggerak (TP) PKK RW 09 Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, akan mewakili Jakarta Timur dalam Pusat Informasi Keluarga (PIK) di Lomba 10 Program PKK Tingkat Provinsi DKI Jakarta. Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar bersama Ketua Tim Penggerak PKK Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, melakukan peninjauan persiapan lomba jelang verifikasi lapangan, Sabtu (3/6/2023). 

Dalam peninjauan yang dilakukan di RPTRA Gedong Trikora RW 09 Kelurahan Gedong, Walikota mempertanyakan seluruh kesiapan dari PKK RW 09 dan inovasi yang mereka lakukan. Peninjauan juga dilakukan di Sekretariat RW 09 untuk melihat tata administrasi kegiatan.

Walikota menjelaskan, PKK RW 09 Kelurahan Gedong berhasil mewakili Jakarta Timur karena berhasil mengajak warga untuk disiplin dalam kehidupan sehari-hari baik dalam keluarga maupun kehidupan bermasyarakat. Mereka juga selalu melakukan sosialisasi dan interaksi kepada warga jika ada permasalahan bersama pihak kelurahan, pengurus RW, pengurus RT, dan kader PKK, semua turut serta membantu memecahkan masalah. 

“RW 09 Kelurahan Gedong mengikuti Lomba Pusat Informasi Keluarga (PIK) dalam 10 Program Pokok PKK. Kuncinya sampai bisa mewakili Jakarta Timur yang sudah biasa mengajak warga selalu disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Hal yang baik ini bisa terus dipertahankan serta RW lain juga ikut melakukan hal yang sama sehingga warga Jakarta Timur selalu guyub dan bahagia,” kata Walikota. 

Hal senada diungkapkan Lurah Gedong, Nunung Siti Cholimah. Ia menjelaskan para pengurus pengurus RW, RT, Kader PKK, LMK, FKDM, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat di RW 09 Kelurahan Gedong, semua turun melakukan sosialisasi serta interaksi kepada warga, sehingga apapun permasalahan yang dihadapi warga bisa diselesaikan dengan baik secara kekeluargaan. 

“Apa yang telah kita lakukan semoga bisa membawa keberkahan, dan RW 09 Gedong bisa menjadi yang terbaik dalam Lomba 10 Program PKK Tingkat Provinsi DKI Jakarta,” ungkapnya. 

Dua hal penting, terpilihnya RW 09 karena mereka memiliki inovasi terkait program PIK Keluarga. RW 09 Kelurahan Gedong memiliki mobil PIK Keluarga yang dikhususkan untuk menjemput warga yang menghadapi masalah. 

“Kalau mereka mengalami trauma atau sedang mengalami kesulitan, mereka bisa dirujuk langsung ke Dinas PPAPP (Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk) di Pulogadung untuk dilakukan trauma healing,” ujar Nunung. 

Satu hal lainnya, anggota Karang Taruna RW 09 aktif melakukan konseling untuk para remaja yang mengalami masalah. Di tempat itu, mereka memberikan konsultasi para anak-anak atau remaja untuk menghindari tawuran atau dalam menghadapi kasus perundungan. 

“Tempat konsultasi ini ramai dan sangat aktif. Para anggota karang taruna sebagai petugasnya, jika nantinya masalahnya berat akan dirujuk ke Dinas PPAPP,” lanjut Nunung. 

Dalam kesempatan itu, Nunung juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Walikota sebagai pembina. “Saya berterima kasih kepada bapak Walikota Administrasi Jakarta Timur yang telah hadir memberikan pembinaan kepada warga kami, khususnya RW 09 yang berhasil mewakili Jakarta Timur dalam lomba 10 program pokok PKK Tingkat Provinsi yaitu Pusat Informasi Keluarga (PIK),” tandasnya. (JS)