Kurangi Genangan dan Banjir, Pemkot Akan Bangun Waduk di RW 017 Klender

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan membangun waduk di RW 017 Kelurahan Klender demi mengurangi genangan dan antisipasi banjir. 

Jakarta Timur, (3/6/2023) – Demi mengurangi genangan dan antisipasi banjir, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan segera membuat waduk di RW 017 Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit. Penegasan itu diungkapkan Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, saat meninjau kerja bakti, di Kali Kampung Sumur, RT 002 RW 017 Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (4/6/2023). 

Walikota mengatakan, Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum (Fasos-Fasum) milik Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Timur, berupa saluran berukuran panjang 250 meter dan lebar 7 meter belum tersambung dengan saluran penghubung (phb) Tegal Amba. Itu terjadi lantaran masih terhalang dengan makam, akibatnya terdapat penumpukan sampah serta pendangkalan pada kali tersebut.

Dengan kondisi itu, Walikota menyebutkan, saluran akan segera dikembalikan fungsinya. Caranya dengan mengeruk saluran sedalam 2,5 meter, dan dijadikan waduk hingga dapat menampung air sebagai pengendali genangan dengan menyodet phb Tegal Amba.

“Rencana kita akan buat embung (waduk) di sini, kita akan gali sedalam 2,5 meter, kita akan membuat embung. Bisa dimanfaatkan untuk pemancingan warga sementara ini, kemudian untuk penampungan air, karena memang daerah-daerah sekitar Tegal Amba sering terjadi genangan dan banjir dan kita akan sodet ke sini biar airnya tidak tergenang dan banjir,” kata Walikota. 

Rencana ini didukung warga karena tak hanya mengembalikan fungsi saluran tapi juga menjaga lingkungan bersih dan sehat. Rencananya, pembuatan waduk akan memakan waktu selama 2-3 bulan.

“Yang penting berfungsi dulu untuk penanggulangan banjir sekitar sini, genangan yang airnya agak lambat hulunya bisa dibuang ke sini. Kedua masyarakat bisa memanfaatkan untuk urban farming, rekreasi, pemancingan, dan sebagainya,” terangnya. 

Dalam kerja bakti Minggu pagi, diturunkan 100 petugas gabungan terdiri dari pasukan Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), pasukan Sumber Daya Air (SDA), pasukan Pertamanan dan Hutan Kota, hingga warga setempat. 

Sementara itu, Ketua RW 017, Rosmani mendukung tindak lanjut pembuatan waduk karena sangatlah bermanfaat bagi warga yang ada di lingkungan lahan milik Suku Dinas SDA tersebut.

“Harapannya bisa dimanfaatkan seperti taman terpadu, bisa ada tempat bermain, mancing, juga bisa dibuat aula yang bisa bermanfaat untuk warga RW 017,” harapnya. (AD)