Walikota Optimis 3 RW di Utan Kayu Selatan Layak Jadi Juara di Lomba PKK Se-DKI Jakarta

RW 02, RW 04, dan RW 013 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman menjadi wakil Jakarta Timur di Lomba 10 Program PKK tingkat DKI Jakarta. 

Jakarta Timur, (3/6/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, meninjau persiapan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 02, RW 04, dan RW 013 Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, dalam rangka Lomba 10 Program PKK tingkat DKI Jakarta, Minggu (4/6/2023). 

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, Camat Matraman, Bambang Pangestu, dan Lurah Utan Kayu Selatan, Eric Dasya Refanda, serta Tim Penggerak Kecamatan Matraman dan Kelurahan Utan Kayu Selatan. 

Walikota mengatakan, 3 RW  akan mengikuti lomba mewakili Jakarta Timur. Ketiganya disebut layak mendapatkan juara, dengan program pemberdayaan lingkungan, seperti urban farming, kolam gizi, mural, hingga vertikal garden. Ketiga RW tersebut kompak dalam memberdayakan lingkungan. 

“Kita melihat tingkat kebersamaan di sini, ternyata saya lihat di sini kampung guyub, kampung kebersamaan, bukan karena lomba, tapi kesehariannya sudah menjadi budaya, menjaga lingkungan, merawat lingkungan, dan semuanya punya kepedulian, bagaimana kampung dibuat nyaman, dibuat asri, dibuat bersih dengan berbagai pemberdayaan,” kata Walikota. 

Ia juga menyebutkan, dalam persiapan lomba tersebut terlihat partisipasi warga dengan gotong royong menjaga lingkungan agar bersih dan asri bekerja sama dengan Kelompok Kerja III (Pokja III) PKK setempat, inovasi dengan membuat olahan tanaman lidah buaya, dan produk olahan lainnya dari hasil kebun. 

“Kalau saya tim juri, yang terbaik yang ini juara, kalau menurut saya ini sudah lengkap semua, bank sampahnya jalan bahkan kader bank sampah di sini menyampaikan membuat hajatan dari hasil menjual sampah di bank sampah, itu menjadi contoh yang baik dan program minyak jelantah disini paling baik di kecamatan Matraman,” ujarnya. 

Dengan catatan itu, Walikota berharap tahun ini predikat juara kembali direbut Jakarta Timur. Melengkapi dua torehan juara lomba 10 program PKK sebelumnya yang diraih secara beruntun. (AD)