Inovasi Bawa RPTRA Mutiara Rawa Binong Wakili Jakarta Timur di Lomba Tingkat Provinsi

RPTRA Mutiara Rawa Binong mewakili Jakarta Timur dalam Lomba Kinerja Pengelola RPTRA Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Jakarta Timur, (16/6/2023) – Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Mutiara Rawa Binong di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur mendapat kunjungan dari tim verifikasi lapangan Lomba 10 Program Pokok PKK dan Kinerja Pengelola RPTRA Tingkat Provinsi DKI Jakarta, Jumat (16/6/2023). Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar dan Ketua Tim penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar menerima langsung tim verifikasi yang diketuai Ahmad Ridwan.

RPTRA Mutiara Binong terpilih menjadi wakil Jakarta Timur karena memiliki banyak inovasi, di antaranya perpustakaan kulkas. Kulkas bekas yang dipergunakan untuk menyimpan deretan buku yang tersusun rapi dan ditempatkan di bawah pohon agar warga bisa memanfaatkan waktu luang dengan membaca. Hebatnya, deretan buku di Perpustakaan RPTRA Mutiara Rawa Binong sudah terverifikasi Perpustakaan Nasional.

“RPTRA Mutiara Rawa Binong merupakan salah satu RPTRA yang terpilih dari 68 RPTRA di Jakarta Timur karena mempunyai inovasi dan edukasi yang baik untuk masyarakat sekitar RPTRA,” kata Walikota.

Dari sisi edukasi, RPTRA Mutiara Rawa Binong menerapkan sistem barcode untuk informasi fasilitas RPTRA. Kode identifikasi ini berisi informasi edukatif untuk para pengunjung. Di ruang laktasi, tersedia informasi tentang kesehatan ibu dan bayi, sementara di sekitar taman, tanaman toga yang mengisi halaman diberikan kode barcode untuk melihat nama tanaman dan manfaatnya.

Untuk mengakses informasi edukatif itu tak perlu khawatir. RPTRA Mutiara Rawa Binong juga menyiapkan wifi gratis yang sudah dipersiapkan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta.

Anak-anak juga dapat bermain nyaman di RPTRA Mutiara Rawa Binong. Fasilitas permainan yang dilengkapi dengan pelindung karet. Di dalam RPTRA juga tersedia kolam gizi yang diisi ikan dan atasnya untuk budidaya kangkung. Halaman RPTRA juga digunakan untuk budidaya tanaman hidroponik.  

Deretan inovasi inilah, menurut Walikota, patut dicontoh oleh RPTRA lainnya di wilayah Jakarta Timur. “Diharapkan RPTRA Rawa Binong bisa menjadi wajah yang baik untuk RPTRA-RPTRA di wilayah Jakarta Timur,” lanjut Walikota.

Walikota memberi apresiasi kepada para kader PKK dan jajaran Kelurahan Lubang Buaya serta Kecamatan Cipayung yang ikut turut andil dalam membina dan menghidupkan RPTRA Mutiara Rawa Binong. “Semoga sinergi yang telah terjalin dengan baik antara pemerintah, PKK, pengelola RPTRA dan masyarakat bisa terus terjalin dan dapat menciptakan lebih banyak ide kreatif yang bermanfaat bagi semua masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Verifikasi Lapangan Lomba Kinerja RPTRA Tingkat Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Ridwan menjelaskan, verifikasi penilaian terkait kesesuaian antara pemaparan dengan kenyataan yang ada di lapangan. Pemaparan sendiri sudah dilakukan pada 29 Mei lalu.

“Mudah-mudahan dengan adanya lomba ini dari 324 RPTRA di wilayah DKI Jakarta, sarana prasarana sama indahnya, sama bagusnya dan diminati banyak warga masyarakat,” ungkapnya. (JS)