Lomba PKK DKI, Kelurahan Utan Kayu Selatan Miliki Inovasi Penyiram Tanaman Otomatis

Warga Kelurahan Utan Kayu Selatan memanfaatkan penyiram tanaman otomatis terhubung dengan telepon genggam dalam melakukan penghijauan.

Jakarta Timur, (19/6/2023) – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menerima tim penilai lomba Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi DKI Jakarta, di Kelurahan Utan Kayu Selatan, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Senin (19/6/2023). Kegiatan dihadiri langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar.

Ketua tim juri Kelompok Kerja (Pokja) III, Komariah Marullah menyampaikan, untuk penilaian terfokus pada Kelompok Kerja Hatinya PKK Pokja III. Penilaian yang berdasarkan pemberdayaan warga setempat dalam memanfaatkan lahan dengan urban farming atau penghijauan di lahan sempit namun tetap terlihat hijau dan bersih.

Satu keungulan di Kelurahan Utan Kayu Selatan yakni inovasi warga dalam membuat teknologi penyiram tanaman secara otomatis, yang diatur melalui handphone dengan sistem android. Alhasil, warga bisa melakukan penyiraman terjadwal secara otomatis.

“Kami lihat inovasinya bagus sekali di sini, ya era teknologi, sudah sepantasnya, sepatutnya warga memanfaatkan teknologi yang ada, terutama warga sekarang banyak yang sibuk. Mereka bekerja, jadi meskipun mereka bekerja pemanfaatan lahannya tetap optimal yaitu dengan teknologi penyiraman dengan terjadwal (otomatis),” katanya. 

Selain inovasi tersebut, mereka juga memiliki kolam gizi yang dapat dimanfaatkan oleh warga setempat untuk ketahanan pangan hingga Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai penanganan stunting. Peninjauan tim penilai dilakukan di beberapa lokasi di antaranya RW 02, RW 04, RW 06, RW 07, RW 08, RW 010, 013, dan Kantor Lurah Utan Kayu Selatan, yang diketahui lokasi tersebut menjadi perwakilan Jakarta Timur dalam lomba PKK DKI Jakarta untuk Kelompok Kerja Hatinya PKK Pokja III.

Hadir juga dalam kegiatan itu, Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, Wakil Camat Matraman, Husnul Fauzi, serta Lurah Utan Kayu Selatan, Eric Dasya. (AD)