Maksimalkan Sebagai Pengendali Banjir, Waduk Kampung Rambutan Utara Dikeruk

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melakukan proses pengerukan Waduk Kampung Rambutan Utara agar berfungsi maksimal saat hujan. 

Jakarta Timur, (20/6/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan peninjauan proses pengerukan Waduk Kampung Rambutan Utara di Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (20/6/2023). Peninjauan dilakukan untuk memastikan pengerukan berjalan dengan baik karena waduk sudah mulai dangkal. 

“Saat saya mengecek ke Waduk Kampung Rambutan Utara, waduk ini ternyata sudah dangkal. Jadi, perlu ditambah kedalamannya dan perlu pengerukan sedimen lumpur agar dapat menampung air di saat hujan deras, sehingga waduk ini berfungsi secara maksimal bisa sebagai pengendali banjir di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur,” kata Walikota. 

Menurut Walikota, idealnya kedalaman waduk mencapai 5 meter. Karena itu, dengan kedalaman waduk saat ini hanya 3 meter, waduk perlu diperdalam lagi. 

“Kedalaman eksisting sekarang 3 meter, saya kira masih dangkal jadi saya harapkan diperdalam lagi agar fungsi waduk bisa lebih maksimal menampung air hujan,” ujar Walikota yang didampingi Wakil Camat Ciracas Alamsyah, Lurah Rambutan Ikhwan M.Ali, Kasi Ekbang Kelurahan Rambutan Lita.

Pengerukan Waduk Kampung Rambutan Utara dilakukan petugas dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Dari hasil pengamatan, Walikota menjelaskan, perlu adanya penambahan alat berat karena belum semua tersentuh pengerukan. 

“Pengerukan memang perlu ditambah alat berat lagi karena saya kira baru hanya di sisi pinggirnya saja, belum yang berada di tengah waduk,” tandas Walikota. (JS)