Festival Cangkul Warnai Bazar UMKM Kelurahan Tengah

Kelurahan Tengah berkolaborasi dengan Silver Lining mengajak penggiat UMKM ‘melek digital’ di acara Bazar Festival Cangkul x Jakarta Entrepreneur.


Jakarta Timur, (23/6/2023) – Merayakan Hari Ulang Tahun ke-496 Kota Jakarta, Kelurahan Tengah turut ikut menggelar Festival Bazar UMKM serentak se-Jakarta Timur. Berbeda dengan yang lain, Kelurahan Tengah mengusung tema Festival Cangkul x Jakarta Entrepreneur, kepanjangan dari ‘Berbincang dan Berkumpul’. 

Kegiatan ini digelar di RPTRA Dahlia, Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur dan digelar selama dua hari, 22-23 Juni. Festival Cangkul ini diramaikan 30 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan berkolaborasi LSPR Communication and Business Institute.

Festival Cangkul menjadi wadah untuk merayakan kreativitas, semangat kewirausahaan dan kebersamaan, sambil berbincang dan berkumpul. Inilah yang menjadi harapan dari pihak Kelurahan Tengah hingga memilih tema bazar dengan Festival Cangkul. 

“Dengan adanya program ini akan memberi manfaat besar bagi masyarakat Kampung Tengah, khususnya para pelaku UMKM,” kata Lurah Kelurahan Tengah, Budy Hartati. 
Festival ini juga mengajak masyarakat terutama penggiat UMKM ‘melek’ digital, dengan menggandeng Owner Gift Inside, Celine Wisuna. Harapannya, untuk memajukan UMKM Indonesia.

“Melalui program ini saya harapkan kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM agar ilmu yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik kedepannya,” ujar Budy. 

Hal senada juga diungkapkan ketua panitia Febe Nathaline. Ia berharap program ‘melek digital’ memberi manfaat untuk pelaku UMKM mengembangkan usaha. 

“Kegiatan ini kami dedikasikan bertepatan dengan ulang tahun Jakarta sebagai bentuk dukungan kami terhadap UMKM lokal,” ungkapnya. 

Festival Cangkul juga dimeriahkan penampilan istimewa beberapa klub LSPR, seperti LSPR Band dan LSPR Dance. Panggung acara juga diwarnai alunan musik hiburan untuk warga. 

“Senang sekali bisa ada kegiatan seperti ini di Kelurahan Tengah, benar-benar mendorong semangat untuk kita para warga untuk berani memulai dan mempelajari bisnis,” ujar Siti, seorang warga Kelurahan Tengah. (JS)