Kelurahan Utan Kayu Selatan Terbaik Lomba Kampung Bersih di Jakarta Timur

Hari Bebas Kendaraan Bermotor Kota Administrasi Jakarta Timur diwarnai pengumuman 10 pemenang Lomba Kampung Bersih 2023.

Jakarta Timur, (25/6/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengumumkan juara Kampung Bersih, di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jalan Pemuda, Kelurahan Jati, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (25/6/2023).

Ada 10 RW dari 10 Kelurahan meraih penghargaan Lomba Kampung Bersih yang bekerjasama dengan Warta Kota dalam rangka HUT ke-24 . Juara 1 kategori Madya atau wilayah kampung tertata sudah berjalan kurang lebih 5 tahun yakni RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan, juara 2 RW 09 Kelurahan Penggilingan, juara 3 RW 04 Kelurahan Bambu Apus, juara 4 RW 01 Kelurahan Pondok Bambu.

Kategori menengah atau wilayah kampung menengah sudah berjalan kurang lebih 3 tahun dengan juara 1 RW 012 Kelurahan Cipinang Melayu, juara 2 RW 05 Kelurahan Batu Ampar, juara 3 RW 05 Kelurahan Balimester. Sementara kategori Mula atau wilayah kampung pemula sudah berjalan kurang lebih 6 bulan, pemenangnya RW 09 Kelurahan Baru, diikuti RW 07 Kelurahan Susukan dan RW 04 Kelurahan Kayu Putih sebagai juara 2 dan 3.

Pj Gubernur mengatakan, Lomba Kampung Bersih menjadi motivasi RW lainnya untuk menjaga kebersihan lingkungan yang lebih baik lagi. Ia pun mengajak warga untuk lebih peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan yang diawali dari rumah masing-masing yang dapat menularkan ke lingkungan.

“RW yang menang bisa menjadi inspirasi bagi RW lain dalam aksi-aksi menjaga lingkungan supaya Jakarta bersih. Intinya pertama kita usahakan dari depan rumah masing-masing, paling enggak bertanggung jawab untuk melakukan kebersihan di depan halaman rumah masing-masing” ujarnya.

Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar menambahkan, bersamaan HUT ke-24 Warta Kota diharapkan memberikan manfaat positif untuk lingkungan. Jakarta Timur sendiri menjadi wilayah pertama dalam Lomba Kampung Bersih, kerjasama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur bersama media Warta Kota.

“Setelah adanya juara-juara diapresiasi tadi kita harapkan RW lain akan bangkit, akan mau berbuat untuk lingkungannya, karena lingkungan itu paling penting, tempat hidup kita setiap hari, tempat kita berinteraksi, tempat kita berinspirasi dan sebagainya. Jadi kalau lingkungan kita sehat bersih, insyaallah warganya akan sehat dan bersih,” pungkasnya.

Sementara itu, Aris Widodo, Ketua RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan, penerima juara 1 kategori Madya menyampaikan, ucap syukurnya atas keberhasilan mereka menjadi juara. Semua merupakan hasil kerjasama seluruh warga RW 06 Kelurahan Utan Kayu Selatan (pengurus RT/RW, PKK, Karang Taruna, Dasawisma dan warga), yang sudah terjalin selama 7 tahun.

“Seiring dengan itu perkembangan penataan lingkungan terus kami giatkan, stakeholder bersama pengurus RT/RW, kami berusaha memberikan yang terbaik untuk lingkungan, terimakasih kami meriah juara 1,” ungkapnya.

Gelaran HBKB peka  ini diwarnai
fashion show dari Bank Sampah, senam bersama, dan tarian tradisional. (AD)